Monday, June 24, 2024
HomeHari LiburDaftar Hari Besar Nasional Bulan April - Mei

Daftar Hari Besar Nasional Bulan April – Mei

Setelah negara indonesia merdeka tentunya salah satu Hari besar nasional yang selalu di peringati oleh pemerintahan indonesia adalah hari proklamasi kemerdekaan republik indonesia yang terjadi pada 17 agustus 1945. Tanggal tersebut selalu di peringati dan di jadikan sebagai hari penting nasional dari tahun ke tahun. Oleh sebab itu banyak peristiwa yang mengiringi kemerdekaan indonesia yang di jadikan sebagai hari besar nasional seperti hari pahlawan dan lain sebagainya. Ulasan di bawah ini akan membahas tentang hari besar nasional pada bulan april hingga mei, bagi anda yang ingin tahu langsung saja simak ulasan di bawah ini.

Hari Besar Bulan April

Hari besar nasional bulan april yaitu pada tanggal 1 april di tetapkan sebagai hari bank dunia dan sebagai hari marketing di indonesia atau hamari serta hari penyiaran nasional. Pada tanggal 6 april adalah hari nelayan nasional, 7 april adalah hari kesehatan internasional, 9 april adalah hari penerbangan nasional dan hari TNI AU, 12 april adalah hari bawa bekal nasional, 16 april adalah hari komando pasukan khusus atau kopassus, 18 april adalah hari peringatan konferensi asia – afrika, 19 april adalah hari pertahanan sipil atau hansip, 20 april adalah hari konsumen nasional, 21 april adalah hari kartini, 23 april adalah hari buku, 24 april adalah hari angkutan nasional dan hari solidaritas asia – afrika. 27 april adalah hari permasyarakatan di indonesia.

Hari Besar Bulan Mei

Hari besar nasional bulan mei yaitu pada tanggal 1 mei di tetapkan sebagai hari peringatan pembebasan irian barat dan hari buruh sedunia, 2 mei adalah hari pendidikan nasional atau hardiknas, 5 mei adalah hari lembaga sosial desa atau lds, 11 mei adalah hari POM – TNI, 15 mei adalah hari korps resimen mahadjaya atau jayakarta atau menwa jayakarta. 16 mei adalah hari wanadri, 17 mei hari buku nasional, 19 hari korps cacat veteran indonesia, 20 mei hari kebangkitan nasional dan hari bakti dokter indonesia, 21 mei hari reformasi, 23 mei hari penyu sedunia, 29 mei hari keluarga, 30 mei hari memberi, 31 mei hari tanpa tembakau sedunia.

Hari Besar Bulan Juni

Hari besar nasional juni yaitu pada tanggal 1 juni di tetapkan sebagai hari kelahiran pancasila dan hari perlindungan anak sedunia serta hari susu nusantara, 3 juni adalah hari pasar modal di indonesia, 5 juni adalah hari lingkungan hidup sedunia, 8 juni hari laut sedunia, 10 juni hari media sosial, 15 juni hari DBD ASEAN, 17 juni hari dermaga, 21 juni hari krida pertanian, 22 juni hari ulang tahun ibu kota jakarta sejak tahun 1527. 24 juni adalah hari bidan nasional, 26 juni hari anti narkoba, dan 29 juni adalah hari keluarga berencana.

Hari besar nasional lainnya yang tanggal nya dapat berubah ubah adalah hari raya idul fitri yang di rayakan oleh umat islam pada 1 syawal dan hari raya idul adha yang juga di rayakan oleh umat islam pada 10 dzulhijah serta tahun baru hijriyah umat islam yang di rayakan pada 10 dzulhijah serta tahun baru hijriyah pada 1 muharaam yang juga di peringati oleh umat islam.

Itulah beberapa informasi mengenai Hari besar nasional yang dapat anda ketahui. Tujuan di adakannya Hari besar nasional yaitu selain untuk mengenang peristiwa penting dalam kemerdekaan indonesia juga untuk memberikan pembelajaran dan menumbuh kembangkan rasa nasionalisme pada bangsa indonesia.

sumber: https://hariliburnasional.com

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments