Thursday, June 13, 2024
HomeHari LiburHari Libur Juni 2021

Hari Libur Juni 2021

Sama seperti tanggal merah sebelumnya, hari libur Juni 2021 juga disambut hangat oleh masyarakat Indonesia. Selain merayakan kelahiran Pancasila, beberapa pihak juga melakukan peringatan di hari-hari tertentu pada Juni 2021. Ingin tahu, apa saja peringatan penting yang terjadi di pertengahan tahun tersebut? simak ulasannya berikut.

Daftar Hari Libur Juni 2021

  • 1 Juni ( Hari Lahir Pancasila)

Untuk sampai dititik merdeka, para pejuang Indonesia melalui banyak peristiwa berdarah-darah dan mengharu biru. Salah satu peristiwa paling bersejarah yang tidak sepatutnya dilupakan adalah Lahirnya Pancasila.

Pancasila sebagai dasar negara menjadi pedoman masyarakat Indonesia untuk memperjuangkan, menjaga dan menegakkan kemerdekaan RI. Maka tidaklah berlebihan jika 1 Juni 2021 ditetapkan sebagai hari libur nasional.

  • 1 Juni (Hari Susu Sedunia)

Saat bangsa kita merayakan Lahirnya Pancasila pada 1 Juni. Di hari yang sama, masyarakat dunia memperingati Hari Susu Sedunia. Hari Susu Sedunia lahir dari bentuk kepedulian masyarakat terhadap salah satu makanan mendunia yakni susu.

Siapa badan yang merayakan Hari Susu Sedunia? Karena dibentuk oleh FAO, otomatis badan pangan PBB tersebut turus melakukan sosialisasi atau kampanyenya. Jadi selain menikmati hari libur 2021 Hari Buruh, Anda bisa merangkap merayakan Hari Susu Sedunia juga.

  • 3 Juni (Hari Pasar Modal Indonesia)

Pada 3 Juni 1952 terjadi peristiwa penting dalam sejarah Bursa Efek Indonesia. Di mana Presiden Soekarno membuka secara resmi Perserikatan Perdagangan Uang dan Efek. Peristiwa itulah yang melatarbelakangi lahirnya Hari Pasar Modal Indonesia pada 3 Juni.

Anda yang hobi bermain di pasar modal mungkin sudah mengetahui sejarah dan manfaat perayaan Hari Pasar Modal Indonesia. Salah satu kegiatan ekonomi yang sangat potensial di dunia.

  • 15 Juni (Hari Demam Berdarah Dengue ASEAN)

Apa Juni memiliki libur panjang 2021? Daripada memikirkan libur panjang, mengapa Anda tidak memperingati Hari Demam Berdarah Dengue ASEAN. Ide hari peringatan ini dicetuskan pada KTT ke-19 Hanoi.

Ironisnya, Indonesia meraih peringkat ke-2 penderita DBD terbanyak. Awal Januari 2019 lalu, jumlah laporan DBD mencapai 13.683. Angka yang tidak sedikit bahkan cenderung mengkhawatirkan.

  • 17 Juni (Hari Dermaga)

Mencermati libur kalender 2021 sudah menjadi kebiasaan Anda setiap bulannya. Sayangnya, Juni 2020 Anda harus puas dengan satu tanggal merah saja. Lantas, apa itu Hari Dermaga dan manfaatnya bagi masyarakat?

Hari Dermaga jatuh pada tanggal 17 Juni setiap tahunnya. Diperingati sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap peran atau fungsi dermaga sebagai tempat pelabuhan kapal.  Mengingat negara kita termasuk negara maritim.

  • 22 Juni (Hari Ulang Tahun Kota Jakarta)

Setiap kota di Indonesia memiliki tanggalan hari jadi tersendiri. Anda yang dilahirkan dan tinggal di Jakarta mungkin terbiasa merayakan HUT Kota Jakarta setiap 22 Juni. Perayaan HUT Kota Jakarta tidak kalah meriahnya dengan tahun baru.

Itulah daftar hari libur berikut beberapa hari istimewa yang terjadi di Juni 2021. Punya keinginan untuk berlibur atau berakhir pekan bersama keluarga? Baiknya Anda jadwalkan kembali rencana tersebut karena hari libur nasional tidakĀ  banyak ditemukan pada Juni 2021.

Oleh: hariliburnasional.com

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments