Saturday, June 15, 2024
HomeHari LiburHari Libur Oktober 2022

Hari Libur Oktober 2022

Hari libur Oktober 2022 tentu akan menjadi hari yang ditunggu banyak orang dari 12 bulan yang ada. Karena libur artinya ada tanggal merah di kalender yang membuat seluruh kegiatan diliburkan di hari itu. Hari apa saja yang termasuk ke dalam hari libur dengan tanggal merah di Bulan Oktober. Simak pembahasannya berikut.

Daftar Hari Libur Oktober 2022

  • 1 Oktober (Hari Kesaktian Pancasila)

Setiap tanggal 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila yang juga merupakan hari bersejarah di Indonesia dan hari libur nasional. Hari Kesaktian Pancasila ini tidak sama dengan Hari Lahir Pancasila. Karena Hari Kesaktian Pancasila tersebut berkaitan dengan hari peringatan dari G30SPKI di bulan sebelumnya.

  • 2 Oktober (Hari Batik Nasional)

Batik adalah ciri khas budaya dari Indonesia, sehingga setiap tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Tujuannya adalah untuk mengingatkan kita bahwa batik adalah Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan juga Non Bendawi. Yang ditetapkan secara langsung oleh UNESCO.

  • 4 Oktober (Hari Hewan Sedunia)

Hari Binatang Sedunia atau Hari Hewan Sedunia diperingati di tanggal 4 Oktober. Awalnya hari libur panjang 2022  tersebut dilakukan di Italia pada tahun 1931 di acara konvensi beberapa ahli ekologi. Di tanggal tersebut juga kehidupan seluruh binatang dari beragam spesies dihargai dan dibuatkan eventnya secara khusus.

  • 5 Oktober (Hari TNI)

Tanggal 5 Oktober diperingati sebagai hari ulang tahun TNI yang awalnya diberi nama BKR lalu diubah menjadi TKR. Dan sekarang namanya menjadi TNI atau Tentara Nasional Indonesia. Biasanya diadakan suatu acara resmi di tanggal tersebut oleh para anggota TNI seindonesia.

  • 8 Oktober (Hari Maulid Nabi)

Peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW diperingati di tanggal 8 Oktober tahun 2022. Di setiap tahunnya tidak selalu jatuh di tanggal 8 Oktober tersebut. Harinya bergantung dengan kalender Islam. Dan tanggal 8 Oktober juga menjadi salah satu hari libur kalender 2022 dengan tanggal merah.

  • 12 Oktober (Hari Museum Nasional)

Hari penting yang satu ini berkaitan dengan museum di Indonesia. Yaitu tanggal 12 Oktober yang menjadi Hari Museum Nasional. Hari Museum ini ditetapkan sejak tahun 2015 lalu di Malang.

  • 10 Oktober (Hari Kesehatan Jiwa)

Bukan termasuk hari libur 2022, tanggal 10 Oktober tetap memiliki hari yang penting. Yaitu menjadi Hari Kesehatan Jiwa antarbangsa, bagi pendidikan kesehatan jiwa, pembelaan dunia, dan juga kesadaran dalam melawan sebuah stigma sosial. Jadi, tanggal 10 Oktober tetap memiliki makna yang penting.

  • 15 Oktober (Hari Hak Asasi Binatang)

Sejak beberapa puluh tahun yang lalu tetap ditetapkan sebagai Hari Hak Asasi Binatang yang jatuh di tanggal 15 Oktober. Hari tersebut menjadi hari kebebasan bagi binatang dengan menghargai hak dasar hewan-hewan tersebut.

Belum ada libur panjang di bulan ini karena hari libur dengan tanggal merahnya hanya ada 1. Namun hari libur Oktober 2022 di tanggal 8 menjadi hari yang dinantikan oleh umat Islam.

Oleh: hariliburnasional.com

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments