Saturday, June 15, 2024
HomeHari LiburHari Libur September 2023

Hari Libur September 2023

Menemukan berbagai perayaan demi hari libur September 2023 tentunya dapat meningkatkan semangat dalam menjalani bulan ini. Apalagi jika tanggal merah yang tersedia cukup banyak sehingga memungkinkan me time lebih puas. Nah, bagaimana dengan bulan September 2023 mendatang?

Hari Libur September 2023 dan Perayaan Lain

  1. 1 September

Pelantikan polwan pertama di Indonesia diselenggarakan di Bukittinggi Sumatra Barat pada tanggal 1 September 1946 sebanyak enam orang. Sejak saat itulah diperingati sebagai hari polwan, namun pada tanggal tersebut bukan menjadi libur kalender 2023.

  1. 4 September

Keseriusan pemerintah dalam melindungi hak-hak konsumen hingga membuat diadakannya Hari Pelanggan Nasional. Momen ini terselenggara setiap tanggal 4 September.

  1. 9 September

Melalui Keputusan Presiden No. 67 Tahun 1985, ditetapkan bahwa setiap 9 September diadakan peringatan Hari Olahraga Nasional. Meskipun bukan hari libur 2023, perayaan ini tetap berlangsung meriah dan didatangi atlet-atlet Tanah Air.

  1. 11 September

Pada zaman dahulu, keberadaan stasiun radio menjadi hal penting sebagai media penyaluran informasi. Karenanya ultah RRI setiap 11 September dijadikan sebagai Hari Radio Nasional.

  1. 17 September

PMI merupakan organisasi sosial di Indonesia yang telah banyak membantu masyarakat. Ulang tahun PMI terselenggara setiap tanggal 17 September. Di mana pada waktu tersebut mereka biasanya mengadakan event donor darah atau acara sosial lain.

Sebenarnya ada beberapa peringatan lain yang jatuh di hari ini secara bersamaan, yakni: Hari Keselamatan Pasien Dunia serta Harhubnas. Namun hal ini tidak cukup menjadikannya sebagai libur panjang 2023.

Baca juga: Hari Libur Nasional 2023

  1. 23 September

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan lautan yang sangat luas. Oleh sebab itu sejak tahun 1964 ditentukanlah bahwa setiap tanggal 23 September merupakan Hari Maritim Nasional.

  1. 24 September

Selain sebagai negara maritim, Indonesia merupakan sebuah negeri agraris di mana sebagian besar mata pencaharian penduduknya adalah bertani. Hari Tani Nasional jatuh setiap tanggal 24 September.

  1. 28 September

Maulid Nabi merupakan acara peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW yang mana di tahun 2023 jatuh pada hari Kamis, 28 September. Di bulan September tersebut hanya di tanggal 28 sajalah yang merupakan tanggal merah atau hari libur nasional.

Selain perayaan keagamaan, di tanggal tersebut juga merupakan Hari Kereta api sebagai sarana transportasi darat. Di mana ia masuk pertama kali ke Indonesia pada tanggal 17 Juni 1864.

  1. 30 September

Peristiwa berdarah G30S PKI menjadikan 30 September diperingati sebagai hari berkabung untuk mengenang gugurnya pahlawan revolusi.

Hari libur September 2023 rupanya hanya diisi oleh perayaan umat Muslim. Namun jangan terlalu bersedih, karena hal positif lainnya ialah kita dapat memanfaatkan waktu weekend secara lebih maksimal. Membuat list untuk perayaan malam minggu bersama keluarga tidak kalah seru dibanding menunggu libur panjang nasional.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments