Saturday, June 15, 2024
HomeWisata FaunaJajaran Destinasi Wisata Fauna di NTT Terindah

Jajaran Destinasi Wisata Fauna di NTT Terindah

Pulau Komodo merupakan kawasan wisata fauna di NTT yang paling menarik untuk dikunjungi. Selain bisa menyaksikan komodo dari dekat, Anda juga bisa mengamati tingkah laku hewan langka tersebut dengan baik. Menariknya, selain Pulau Komodo masih banyak kawasan wisata lain yang menawarkan pengalaman menyaksikan keanekaragaman fauna di Nusa Tenggara Timur.

Jajaran destinasi wisata fauna di NTT

Tidak semua orang memiliki kesempatan untuk berlibur ke Nusa Tenggara Timur, karena berbeda dari Jogjakarta atau Semarang butuh biaya yang besar untuk mencapai NTT. Setelah sampai di NTT, jangan sia-siakan waktu Anda dan kunjungilah beberapa tempat wisata menarik berikut:

1. Taman Nasional Loh Liang

Merupakan nama lain dari Pulau Komodo yang menjadi habitat asli dari sekitar 4,000 komodo. Uniknya, komodo termasuk dalam spesies kadal hanya saja ukurannya beberapa kali lipat lebih besar dari kadal biasa. Karena termasuk hewan liar yang berbahaya, pengunjung tidak bisa menyaksikan komodo tanpa didampingi oleh tour guide. Meski demikian, keseruan menyaksikan satwa liar yang melegenda akan menjadi pengalaman unik tersendiri bagi Anda.

2. Loh Buaya-Rinca

Selain Pulau Komodo, ada pulau lain yang biasa dikunjungi wisatawan ketika ingin menyaksikan kadal raksasa yakni Loh Buaya. Kawasan ini juga dikenal sebagai habitat asli dari 1,500 komodo. Anda bisa melihat komodo dari dekat baik entah ketika satwa tersebut sedang berjalan, tidur atau bahkan menikmati mangsanya.

3. Taman Nasional Laiwangi Wanggameti

Merupakan taman nasional yang berfungsi sebagai tempat perlindungan berbagai flora dan fauna liar termasuk kera ekor panjang, ular pitor tumor, kadal monitor, kupu-kupu halipron dan 42 jenis kupu-kupu lainnya. Tempat ini juga menjadi rumah bagi kakaktua jambul yakni salah satu hewan langka beserta berbagai spesies burung lainnya.

4. Taman Nasional Manupeu Tanah Daru

Di Pulau Sumba, Anda bisa menemukan taman nasional ini untuk menyaksikan beberapa satwa langka salah satunya kakaktua jambul jingga. Selain itu ada juga burung madu Sumba, dan merpati hijau Sumba yang keduanya merupakan satwa endemik asli dari Pulau Sumba. Selain menyaksikan berbagai burung, Anda juga bisa melihat 57 spesies kupu-kupu termasuk endemik Sumba seperti sumalia chilo dan lainnya.

5. Taman Nasional Camplong

Bertolak ke Kota Kupang, Anda akan menemukan taman nasional ini yang menawarkan atraksi satwa menarik termasuk penangkaran buaya, penangkaran rusa Timor dan variasi satwa liar lainnya. Saat pergi ke kebun binatang ini pastikan Anda melihat biawak Timor, kakaktua jambul kuning, kera ekor panjang, raja udang dan lainnya.

Berkenalan dengan satwa sebenarnya telah diajarkan sejak kita masih kecil. Tapi seiring bertambahnya usia, kita sering kali disibukkan dengan kegiatan yang kemudian menjauhkan dari alam. Untuk mengenal kembali para satwa, pastikan tambahkan beberapa tempat wisata fauna di NTT sebagai agenda liburan Anda ketika berkunjung ke Nusa Tenggara Timur.

Oleh: hariliburnasional.com

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments