Monday, June 24, 2024
HomeHari LiburTradisi Unik Rayakan Tahun Baru, Salah Satunya Dengan Petasan Tahun Baru

Tradisi Unik Rayakan Tahun Baru, Salah Satunya Dengan Petasan Tahun Baru

Tradisi Unik Rayakan Tahun Baru, Salah Satunya Dengan Petasan Tahun Baru

Petasan tahun baru – Menjelang tahun baru 2018 yang akan tiba beberapa hari lagi, membahas tentang tradisi perayaan tahun baru memang seru – serunya. Tak hanya di Indonesia saja pesta perayaan tahun baru berlaku dengan semarak melainkan di berbagai negara di dunia juga memiliki tradisi – tradisi tersendiri untuk merayakan tahun baru.

Mereka memiliki cara sendiri yang sudah mengakar menjadi budaya dalam perayaan tahun baru. Tak hanya merayakan tahun baru dengan petasan tahun baru, banyak cara untuk menikmati acara tahun baru di berbagai negara tersebut. Anda yang mungkin sudah bosan merayakan tahun baru dengan petasan tahun baru atau kembang api, mungkin beberapa tradisi tersebut bisa jadi inspirasi merayakan tahun baru 2018 nanti bersama orang – orang tercinta dalam hidup Anda.

Tradisi Unik Rayakan Tahun Baru Di Berbagai Negara

Italia

Keluarga di Italia memiliki kebiasaan dalam menyambut tahun baru dengan menyalakan api unggun yang besar dan tidak boleh padam dalam satu hari. Hal ini karena berdasarkan kepercayaan mereka, api berasal dari matahari. Jika api di hari tahun baru padam, mereka percaya bahwa sepanjang tahun tidak akan ada sinar matahari yang akan terbit dan menyinari langit – langit Italia yang teduh.

Yunani

Bukan petasan tahun baru yang akan Anda temukan jika menikmati pergantian tahun di Yunani. Akan tetapi tepat pada tanggal 1 Januari, penduduk Yunani biasa menebar biji delima sebagai simbol kemakmuran di sepanjang tahun. Menurut mereka hal ini dilakukan karena buah delima merupakan suatu lambang sukses dan kemakmuran.

Jepang

Orang Jepang biasanya merayakan tahun baru dengan menikmati beberapa makanan yang memiliki filosofi. Makanan yang disajikan tersebut berupa telur ikan yang menjadi simbol kemakmuran, tatsukuri yang melambangkan kesuburan dan juga manisan tumbuhan laut sebagai simbol perayaan.

Spanyol

Memakan 12 biji buah anggur dan berdoa merupakan tradisi dan kebiasaan di malam tahun baru yang dilakukan oleh masyarakat Spanyol. Kebiasaan atau tradisi ini dilakukan tepat di tanggal 31 Desember. Jumlah anggur yang mereka makan berjumlah 12 sebagai simbol harapan pada 12 bulan di tahun baru mendatang.

Jerman

Diharuskan bagi masyarakat Jerman untuk menghabiskan sisa hidangan perayaan tahun baru tanpa ada yang tersisa. Hidangan yang harus dihabiskan tersebut adalah hidangan klasik yang biasa disajikan di saat tahun baru yaitu ikan mas. Lucunya dalam tradisi ini, duri ikan mas akan dibagikan ke para tamu yang hadir sebagai produk good luck charm. Tradisi ini dilakukan karena masyarakat Jerman percaya bahwa dengan menghabiskan sisa makanan sampai ke tulangnya mereka tidak akan mengalami kekurangan sepanjang tahun.

Indonesia

Meninggalkan beberapa negara – negara dengan tradisi unik diatas, Indonesia juga punya cara merayakan tahun baru sendiri. Tradisi sebagai salah satu cara merayakan tahun baru di Indonesia yang sudah mengakar adalah dengan menyuluhkan petasan tahun baru diimbangi pesona kembang api yang memadukan cahaya aneka warna di langit malam yang indah. Taburan bintang, semarak kembang api dan bunyi petasan tahun baru akan menjadi warna terindah yang menyiratkan kenangan manis dan taburan pengalaman tersendiri.

Ada banyak titik untuk menyaksikan pertunjukan kembang api dan petasan tahun baru di Indonesia. Pantai, danau, sampai dengan taman – taman kota menjadi beberapa titik yang dapat Anda jadikan sebagai tempat menyaksikan pertunjukan kembang api dan petasan tahun baru terbaik di Indonesia. Lalu Anda? Sudahkah memiliki rencana untuk merayakan tahun baru 2018 nanti?

oleh: hariliburnasional.com

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments