Tuesday, June 25, 2024
HomeWisata Religi7 Spot Wisata Religi di Jogja yang Wajib Dikunjungi

7 Spot Wisata Religi di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Wisata religi di Jogja tidak kalah menarik dibandingkan spot wisata di kota-kota lain. Pasalnya pengunjung bisa menikmati wisata jiwa saat berkunjung ke Jogja dengan mendatangi tempat religi. Ini juga bisa dilakukan bagi yang suka berjalan-jalan ketika Ramadhan tiba. Lalu apa saja destinasi wisata religi itu? Berikut penjelasannya.

7 Rekomendasi spot wisata religi di Jogja

1. Masjid Agung Kota Gede

Spot wisata religi yang satu ini memiliki nilai sejarah yang cukup mendalam sehingga sangat diprioritaskan untuk dikunjungi, khususnya pecinta sejarah. Masjid yang dibangun di sekitar tahun 1640 berlokasi di Jogja yang bahkan hingga kini, jika dilihat dari segi fisiknya tidak banyak dilakukan pengubahan. Dengan mengunjungi masjid ini pengunjung bisa melihat bangunan yang dulunya digunakan untuk mendukung penyebaran agama Islam di kerajaan Mataram.

2. Makam Syekh Jumadil Kubro Turgo Merapi

Area ini adalah tempat ziarah Islam di Jogja yang banyak dikunjungi orang ziarah meskipun letaknya tidak jauh dari gunung merapi. Pemandangan merapi bisa dinikmati sekaligus juga akan mendapatkan kebahagiaan karena bisa mengunjungi spot wisata religi yang ada di Jogja ini yaitu makam Syekh Jumadil Kubro dan pengetahuan mengenai sejarahnya.

3. Jalur Gaza

Jalan yang dikenal dengan jalur Gaza ini akan ditemui saat berkunjung ke Jogja. Bahkan kampung ini menjadi spot wisata yang digemari ketika Ramadhan tiba dimana tersedianya pasar Tiban Jajanan Lauk dan Sayur. Namanya juga pasar tentunya juga disediakan takjil dan berbagai menu untuk berbuka puasa. Suasana yang ada di area ini tentunya ramai, pengunjung juga bisa berkunjung ke Masjid Sulthonain yang banyak diadakan kegiatan di area ini. Di kompleks area ini juga terdapat makam Kyai Haji Ibrahim dan Kyai Haji Abu Bakar.

4. Masjid Gedhe Kauman

Masjid yang cukup dikenal ini memiliki sejarah yang panjang. Pengunjung bisa menikmati megah dan indahnya bangunan masjid yang dibangun ketika masa Sultan Hamengku Buwana I yang memerintah. Bagi masyarakat Islam yang sedang menikmati hari-hari Ramadhan, bisa mengunjungi masjid ini karena ketika sore harinya diberikan pengajian Khusus Ramadhan bagi masyarakatnya. Nantinya ketika waktu berbuka tiba, yang ikut kajian ini bisa ikut buka bersama sehingga suasana yang dirasakan juga cukup menyenangkan.

5. Kampung Ramadhan Jogokariyan

Masih dalam bahasan wisata religi Islam yang meriah di bulan Ramadhan. Ada banyak acara yang dilakukan selama bulan Ramadhan selain banyak takjil yang dijual juga diadakan ceramah sore hari dan shalat tarawih yang diimami oleh Imam Palestina. Stok takjil juga cukup banyak yaitu sekitar 1200 hingga 1500 menu untuk berbuka.

6. Makam Kyai Nur Iman

Makam yang  berlokasi di dusun Mlangi ini adalah makam seorang tokoh yang menyebarkan agama Islam. Juga terdapat banyak santri dari pesantren di dusun ini sehingga sifat religiusnya terasa sekali.

7. Masjid Syuhada

Ini adalah tempat wisata religi terakhir di Jogja yang dibahas yaitu masjid Syuhada. Lokasinya berada di jalan I Dewa Nyoman Oka 13, bagi yang ingin menikmati berbagai acara menarik Ramadhan bisa mengunjungi masjid ini.

Sekian artikel mengenai 7 spot wisata religi di Jogja yang bisa dikunjungi dalam rangka menikmati hari Ramadhan.

Oleh: hariliburnasional.com

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments