Saturday, June 15, 2024
HomeHari LiburHari Libur April 2019

Hari Libur April 2019

Hari libur April 2019 memang terdapat lebih dari satu hari. Mendengar kata tersebut, pasti sudah banyak masyarakat yang dapat bernafas lega. Hari libur dapat digunakan untuk beristirahat, berkumpul bersama keluarga atau teman hingga dapat digunakan untuk berlibur menghilangkan penat dan stress akibat rutinitas yang menumpuk.

Daftar Peringatan dan Hari Libur April 2019

April merupakan bulan keempat di setiap tahunnya. Khusus untuk bulan April 2019 ternyata ada beberapa peringatan dan hari libur nasional yang dapat dinikmati oleh masyarakat. berikut ini adalah daftar peringatan dan hari libur di bulan April.

  • Hari Bank Dunia

Sama seperti bulan sebelum-sebelumnya, hari pertama bulan April yakni tanggal 1 April merupakan peringatan hari Bank Dunia. Bank adalah Lembaga keuangan yang memberikan layanan pinjaman atau layanan keuangan lainnya terhadap berbagai pihak dengan tujuan pemberian modal atau kebutuhan lainnya. Untuk meningkatkan perhargaan masyarakat dunia terhadap keberadaan bank, setiap tanggal 1 April selalu diperingati hari Bank Dunia.

  • Peringatan Isra’ Mi’raj

Dua hari setelah peringatan hari bank dunia di bulan April 2019 yakni pada tanggal 3 April 2019 merupakan peringatan hari Isra’ Mi’raj. Perigatan Isra’ Mi’raj merupakan hari libur 2019 maupun tahun sebelum atau berikutnya. Isra’ Mijaj sering diperingati dengan berbagai kegiatan khususnya bagi umat muslim untuk semakin mendekatkan diri pada Sang Pencipta.

  • Hari Nelayan Nasional

Indonesia merupakan negara maritim sehingga tidak heran jika mata penghasilan sebagian besar warganya ialah bekerja sebagai nelayan. Para nelayan bekerja di tengah lautan setiap harinya untuk mencukup kebutuhan ikan masyarakat. untuk menghargai jasa para nelayan, setiap tanggal 6 April di setiap tahunnya selalu diperingati Hari Nelayan Nasional.

  • Hari Kesehatan Internasional

Kemudian setiap tanggal 7 April juga diperingati sebagai hari Kesehatan Internasional. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia akan pentingnya kesehatan untuk generasi saat ini dan generasi penerus. Meski tidak diterapkan sebagai libur panjang 2019 atau tahun berikutnya, namun semarak peringatan ini sangat gencar dilakukan.

  • Hari TNI Angkatan Udara

Di setiap tanggal 12 April setiap tahunnya juga dijadikan sebagai peringatan hari TNI Angkatan Udara. Peringatan ini bertujuan untuk semakin menghargai kinerja dan keberadaan TNI Angkatan Udara serta memupuk semangat para pasukan TNI Angkatan Udara untuk semakin berkarya.

  • Jumat Agung

Pada tanggal 19 April 2019 juga merupakan hari libur nasional. Tanggal ini bertepatan sebagai peringatan Jumat Agung bagi para pemeluk agama Katolik dan Kristen di seluruh dunia.

  • Hari Kartini

Meskipun tidak ditetapkan sebagai libur kalender 2018 dan tahun seterusnya, setiap tanggal 21 April merupakan peringatan Hari Kartini. Kartini merupakan salah satu pahlawan wanita yang memperjuangkan hak-hak wanita untuk dapat mencapai emansipasi. Banyak jenis perayaan yang dilakukan oleh berbagai instansi untuk menyemarakkan peringatan hari Kartini.

Demikianlah beberapa penjelasan tentang peringatan serta hari libur April 2019 yang dapat digunakan sebagai acuan dalam merencanakan agenda liburan bersama teman, kerabat atau keluarga.

Oleh: hariliburnasional.com

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments