Thursday, June 13, 2024
HomeHari LiburHari Libur Desember 2019

Hari Libur Desember 2019

Hari libur Desember 2019 sudah ditunggu-tunggu oleh sebagian besar masyarakat. Desember memang merupakan waktu yang paling efektif untuk melakukan liburan atau sekedar berkumpul bersama orang-orang yang disayangi. Ada banyak sekali kesempatan dan momen yang dapat dimanfaatkan di bulan Desember. Selain bertepatan dengan Natal dan perayaan tahun baru, Desember juga merupakan hari libur akhir semester bagi para pelajar.

Daftar Peringatan dan Hari Libur Desember 2019

Bagi yang sudah siap-siap hendak berlibur di bulan Desember 2019, berikut adalah daftar peringatan dan hari libur nasional yang terdapat di bulan tersebut.

  • Hari AIDS Sedunia

Pertama, setiap tanggal 1 Desember termasuk di tahun 2019 merupakan peringatan Hari AIDS sedunia. Peringatan ini berlaku untuk masyarakat seluruh dunia dengan simbol pita merah. Peringatan hari AIDS memiliki tujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap penyakit AIDS yang muncul karena virus HIV. Selain upaya untuk mencegah semakin banyak korban AIDS, peringatan hari AIDS juga bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap penderita AIDS untuk dibantu dan dirangkul bersama.

  • Hari Penyandang Cacat Internasional

Menjadi seorang difabel atau penyandang cacat tentu saja bukan pilihan bagi setiap orang. Meskipun begitu, penyandang difabel diharapkan untuk tidak berkecil hati dan tidak menjadikannya sebagai batasan untuk berkreasi. Hari penyandang cacat internasional disponsori oleh PBB yang diperingati setiap 3 Desember sejak tahun 1992. Walaupun tidak dijadikan hari libur 2019, namun tujuan dari peringatan ini sangatlah mulia. Tujuannya adalah menambah dan mengembangkan pengetahuan serta wawasan masyarakat dunia terhadap masalah yang terjadi yang berkaitan dengan kehidupan dan kebutuhan para penyandang cacat. peringatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan hal, martabat dan kesejahteraan para difabel.

  • Hari Artileri

Kemudian pada tanggal 4 Desember merupakan peringatan yang cukup penting namun kerap diketahui oleh masyarakat. Pada setiap tanggal 4 Desember selalu dijadikan peringatan Hari Artileri.  Artuleri sendiri merupakan area tanah persenjataan darat yang sangat efektif dan mematikan dalam berbagai perang mulai dari Perang Napoleon hingga Perang Dunia I maupun II.

  • Hari Transmigrasi

Transmigrasi merupakan perpindahan penduduk dari wilayah yang sangat padat penduduk seperti kota ke daerah yang belum padat atau Kawasan pedesaan. Program pemerintah ini sangat bermanfaat untuk penyebaran penduduk di Indonesia. Oleh karenanya, setiap tanggal 12 Desember selalu diperingati sebagai Hari Transmigrasi. Peringatan ini tidak dijadikan libur kalender 2019 namun tetap semarak diperingati. 

  •  Hari Raya Natal

Sama seperti perayaan hari Natal di tahun sebelum-sebelumnya, pada tanggal 25 Desember 2019 juga merupakan perayaan Hari Natal bagi seluruh umat Kristiani. Kebetulan Hari Natal di tahun 2019 jatuh pada hari Rabu. Sudah menjadi hal yang umum jika momen Natal selalu jadi libur panjang 2019 karena biasanya bebarengan dengan libur akhir semester untuk anak sekolah dan dilanjutkan libur tahun baru.

Demikianlah informasi mengenai daftar peringatan dan hari libur Desember 2019 yang diharapkan dapat membantu Anda dalam mengatur jadwal aktivitas di luar rutinitas maupun liburan. Yang terpenting adalah luangkan waktu untuk bersama dengan keluarga tercinta.

Oleh: hariliburnasional.com

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments