Wednesday, June 19, 2024
HomeHari LiburHari Libur Februari 2020

Hari Libur Februari 2020

Hari libur Februari 2020 menjadi tanggalan merah yang ditunggu-tunggu banyak orang terutama karena ada tanggal 14 Februari yang sangat identik dengan Hari Kasih Sayang Sedunia. Selain hari istimewa tersebut, kita juga akan merayakan hari penting lainnya termasuk Hari Pers Nasional yang diperingati setiap 9 Februari. 

Daftar Hari Libur Februari 2020

Sayangnya kita kurang beruntung karena pemerintah Indonesia tidak menetapkan 9 Februari maupun 14 Februari sebagai tanggal merah nasional. Sehingga di tanggalan istimewa tersebut Anda tidak akan mendapatkan jadwal libur kerja atau sekolah. Berikut ini hari-hari penting yang terjadi di Februari:

  • 9 Februari (Hari Pers Nasional)

Hari ini bukan hanya menjadi Hari Pers Nasional tapi turut menjadi Hari Ulang Tahun PWI. Menariknya meskipun menjadi hari istimewa bagi awak pers, perayaan Hari Pers Nasional turut dimeriahkan oleh pemerintah daerah, masyarakat dan tentunya elemen pers.

  • 9 Februari (Hari Kavaleri)

Pernah mendengar tentang Kavaleri? Kavaleri bila diartikan secara harfiah merupakan kuda. Tapi di Indonesia, Kavaleri dikenal sebagai satuan unit militer yang menunggang kuda. Peran Kavaleri sangat penting terutama ketika zaman pembentukan Koloni Belanda. Hari libur 2020 ini menjadi ajang yang sangat penting terutama mereka yang bertugas untuk negara dengan mengendarai kuda.

  • 14 Februari ( Hari Kasih Sayang Sedunia)

Hari Valentine awalnya bukan peringatan yang penting di Indonesia, tapi semakin ke sini Valentine’s Day menjadi momen penting terutama bagi para kekasih. Di Hari Valentine, setiap pasang kekasih akan menyatakan cintanya dengan memberikan bunga atau cokelat. Perayaan Hari Valentine di tiap negara umumnya berbeda-beda. Karena alasan ini pula rasanya kurang tepat menjadikan 14 Februari sebagai hari libur nasional untuk perayaan kasih sayang.

  • 14 Februari (Hari Peringatan PETA)

Selain dikenal sebagai Hari Valentine, 14 Februari juga menjadi hari peringatan untuk Pembela Tanah Air. Tanggal itu dipilih sebagai Hari Peringatan PETA untuk mengenang peristiwa pemberontakan yang dilakukan prajurit Indonesia terhadap penjajahan Jepang.

  • 20 Februari (Hari Pekerja Indonesia)

Hari Buruh yang Anda kenal mungkin berlangsung pada 1 Mei tapi di Indonesia ada juga yang dikenal sebagai Hari Pekerja Indonesia yang jatuhnya setiap 20 Februari. Ini menyesuaikan dengan deklarasi Serikat Pekerja yang ingin membentuk Federasi, tepatnya terjadi 20 Februari 1973. Sayangnya, masih jarang ada orang yang mengetahui hari libur panjang 2020 ini.

  • 22 Februari (Hari Istiqlal)

Bila bicara tentang masa lalu, 22 Februari 1978 merupakan tanggal yang dipilih oleh Presiden Soeharto untuk meresmikan Masjid Istiqlal. Untuk mengenang peristiwa tersebut, masyarakat memilih tanggal yang sama untuk merayakan Hari Istiqlal. Hingga saat ini Masjid Istiqlal masih menjadi masjid terbesar se-ASEAN.

  • 24 Februari( Hari Lahir Ikatan Pelajar NU)

Kongres LP Ma’arif Nahdatul Ulama yang diselenggarakan 24 Februari 1945 menghasilkan sebuah keputusan penting yakni hari lahirnya Ikatan Pelajar Nahdatul Ulama. Sampai sekarang setiap tanggal yang sama di tiap tahunnya, anggota IPNU selalu merayakan hari tersebut sebagai momentum spesial meskipun bukan termasuk hari libur kalender 2020.

Dan itulah daftar hari libur Februari 2020 yang sayangnya masih jarang diketahui masyarakat Indonesia. Masyarakat umumnya hanya melihat tanggalan merah yang tampak di kalender saja.

Oleh: hariliburnasional.com

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments