Saturday, June 15, 2024
HomeHari LiburHari Libur Juni 2023

Hari Libur Juni 2023

Bulan demi bulan berlalu dan tidak terasa telah dilewati hingga sampai di pertengahan tahun. Mencari tahu kapan saja hari libur Juni 2023 akan mempermudah persiapan kita mengatur jadwal rekreasi bersama anggota keluarga. Untuk lebih jelas bisa disimak penjabaran berikut ini.

Daftar Lengkap Cuti Bersama dan Hari Libur Juni 2023

  1. 1 Juni

Kamis, 1 Juni 2023 diperingati sebagai hari libur nasional untuk memperingati kelahiran Pancasila sebagai dasar negara. Pada waktu itu Ir. Soekarno membacakan pidatonya tentang landasan bernegara di Tanah Air yakni Pancasila. Landasan tersebut murni terlahir dari rakyat Indonesia dan tidak mengekor prinsip negara lain.

  1. 2 Juni

Jumat, 2 Juni 2023 merupakan agenda cuti bersama berdasarkan keputusan Kementerian Agama. Hari tersebut dispesialkan karena menyambut jelang perayaan Waisak 2567 BE. Hari raya ini disetujui pengadaannya di seluruh dunia atas kesepakatan kelompok Buddhis dunia tahun 1950 di Srilanka.

  1. 4 Juni

Kemudian pada hari minggu tanggal 4 Juni 2023 nanti merupakan puncak perayaan Waisak. Meski tidak menjadi bagian dari libur panjang 2023, namun biasanya peringatan ini dilakukan secara semarak. Untuk dapat menyaksikan acara ini secara lebih jelas, masyarakat bisa mendatangi Candi Borobudur.

Baca juga: Kalender Hari Libur Nasional 2023

  1. 5 Juni

Sebagai upaya meningkatkan kesadaran global seluruh masyarakat, maka setiap 5 Juni dijadikan Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Dengan begitu diharapkan publik akan lebih menyadari betapa pentingnya menjaga bumi agar senantiasa nyaman untuk ditempati.

  1. 15 Juni

Dikarenakan wabah demam berdarah sering menjangkiti penduduk terutama ketika musim hujan, maka ASEAN bersepakat menjadikan 15 Juni sebagai Hari DBD. Namun agenda ini tidak dimasukkan sebagai hari libur 2023. Pada peringatan tersebut dilakukan pembagian bubuk abate gratis dan penyuluhan ke desa-desa.

  1. 26 Juni

Demi mencegah paparan narkotika dan obat-obat terlarang di kancah dunia, maka setiap 26 Juni diperingati sebagai Hari Anti Narkoba Internasional. Melalui perayaan tersebut diharapkan setiap negara saling bahu membahu dalam memberantas penyalahgunaan narkoba.

  1. 29 Juni

Selanjutnya sampailah di penghujung bulan yang mana pada Kamis, 29 Juni 2023 merupakan libur kalender 2023. Perayaan tersebut dilaksanakan oleh umat Muslim yang melakukan pemotongan kurban. Masjid akan melakukan penyembelihan kambing atau sapi yang kemudian dibagikan kepada seluruh pengunjung.

Selain memperingati perayaan Idul Adha, setiap tanggal 29 Juni juga merupakan Hari Keluarga Berencana. Pada hari tersebut dilakukan penyuluhan mengenai pentingnya menggunakan alat kontrasepsi dan melakukan perencanaan kehamilan.

Bulan apa pun yang telah berlalu hendaknya kita tetap selalu diliputi rasa syukur karena sudah berhasil melewati setiap tantangannya. Tentu hari demi hari seseorang melewati berbagai macam masalah yang berbeda-beda. Namun bagaimana pun hal tersebut harus tetap dijalani. Semangat menyongsong hari libur Juni 2023 yang akan segera tiba!

Previous article
Next article
RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments