Tuesday, June 25, 2024
HomeHari LiburHari Libur Mei 2019

Hari Libur Mei 2019

Hari libur Mei 2019 nampaknya menjadi kabar yang menggembirakan. Selain terdapat beberapa hari libur nasional, bulan Mei 209 mendatang juga memasuki bulan suci Ramadhan bagi para umat Muslim. Karena itulah tidak heran jika banyak masyarakat yang menantikan kedatangan bulan Mei tahun depan untuk melakukan berbagai momen penting bersama teman ataupun keluarga.

Kumpulan Peringatan dan Hari Libur Mei 2019

Bagi yang penasaran dengan daftar peringatan serta hari libur yang ada di bulan Mei khususnya Mei tahun 2019 mendatang, berikut penjelasannya secara rinci.

  • Hari Buruh

Tepat di hari pembuka pada bulan Mei yakni 1 Mei di setiap tahunnya termasuk pada tahun 2019 merupakan hari libur nasional. Tanggal tersebut merupakan hari buruh yang diperingati seluruh dunia. Hari buruh atau yang popular dengan sebutan May Day dijadikan sebagai hari libur di sejumlah negara. Pemilihan 1 Mei karena bertepatan dengan perayaan pertama kali kesuksesan ekonomi serta sosial dari para buruh.  

  • Hari Pendidikan Nasional

Sehari setelah hari buruh yakni setiap tanggal 2 Mei selalu dirayakan sebagai Hari Pendidikan Nasional. Hari Pendidikan Nasional ini bertepatan dengan tanggal kelahiran Bapak Pendidikan Indonesia yakni Ki Hajar Dewantara yang merupakan tokoh penggerak Pendidikan pertama dengan mendirikan Lembaga Pendidikan bernama Taman Siswa. Hardiknas tak hanya dirayakan oleh instansi atau organisasi Pendidikan saja namun juga merangkul seluruh lapisan masyarakat.

  • Hari Lupus Sedunia

Lupus merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus dan dapat berdampak mematikan bagi para penderitanya. Untuk memberikan semangat pada para penderita serta mendorong masyarakat untuk semakin peduli dengan penyakit dan para penderita lupus, setiap tanggal 10 Mei selalu diperingati Hari Lupus Sedunia.

  • Hari Raya Waisak

Tepat pada tanggal 19 Mei 2019, merupakan hari Raya bagi umat Budha yakni Hari Raya Waisak. Perayaan Waisak sering menjadi momen libur panjang 2019 atau tahun berikutnya apabila bertepatan di hari Jumat maupun Senin. Berbagai perayaan Waisak dilakukan dengan khidmat oleh para umat Budha. Untuk tahun 2019, Hari Raya Waisak jatuh tepat di hari Minggu.

  • Kenaikan Isa Almasih

Selanjutnya tepat pada hari Kamis tanggal 30 Mei 2019 merupakan hari libur nasional untuk memperingati Kenaikan Isa Almasih. Pemberian libur kalender 2019 ini tentu untuk memberikan kesempatan bagi umat Kristiani untuk melaksanakan ibadah.

  • Hari Tanpa Tembakau Sedunia

Sehari selanjutnya yakni tanggal 31 Mei 2019 merupakan perayaan Hari Tanpa Tembakau Sedunia. Setiap tanggal 31 Mei, perayaan ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia akan bahaya merokok.

Ternyata ada banyak sekali hari libur Mei 2019 yang dapat dijadikan sebagai momen berkumpul bersama keluarga, teman atau kerabat. Bagi yang berencana liburan, lakukan perencanaan jauh-jauh hari supaya dapat berjalan dengan baik.

Oleh: hariliburnasional.com

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments