Saturday, June 15, 2024
HomeHari LiburKalender Jawa Online Berdasarkan Daftar Bulan Matahari

Kalender Jawa Online Berdasarkan Daftar Bulan Matahari

Kalender jawa adalah penanggalan unik yang di percaya mempunyai kegunaan yang sangat istimewa sehingga kalender ini dulunya sering di gunakan oleh sultan mataram. Kalender jawa ini sendiri di buat berdasarkan kombinasi dari kalender hijriyah dan kalender hindu. Dan ulasan kali ini akan membahas tentang kalender jawa online berdasarkan daftar bulan matahari. Jika kalender jaman kerajaan dulu berbentuk kitab maka berbeda dengan jaman yang serba canggih saat ini penanggalan jawa online pun sudah dapat di akses menggunakan internet. Bagi anda yang sudah penasaran langsung saja simak ulasan di bawah ini.

Daftar Bulan Matahari

Kalender jawa online yang di buat berdasarkan daftar bulan matahari telah ada pada tahun 1856 masehi. Hal ini di anggap karena kalender kamariah kurang pas jika di gunakan sebagai patokan para petani untuk bercocok tanam sehingga bulan surya dan juga bulan pranata mangsa di kodifikasi oleh sunan paku buwana dan penggunaannya telah di resmikan. Jadi pembagian bulan ini sudah ada sebelum agama islam ada.

Kalender jawa online yang menggunakan daftar bulan matahari di awali dengan bulan kasa yang berawal pada tanggal 23 juni dan berakhir pada tanggal 2 agustus. Bulan karo berawal pada 3 agustus dan berakhir pada 25 agustus. Bulan katiga atau katelu berawal dari 26 agustus dan berakhir pada 18 september. Bulan kapat berawal pada 19 september dan berakhir pada 13 oktober. Bulan kalima berawal pada 14 oktober dan berakhir pada 9 november.

Kalender jawa online berikutnya yaitu bulan kanem yang berawal pada 10 november dan berakhir pada 22 desember. Bulan kapitu berawal pada 23 desember dan berakhir pada 3 februari. Bulan kawolu berawal dari 4 februari dan berakhir pada 1 maret. Bulan kasanga berawal pada 2 maret dan berakhir pada 26 maret. Bulan kadasa berawal pada 27 maret dan berakhir pada 19 april. Bulan dhesta berawal pada 20 april dan berakhir pada bulan 12 mei. Dan bulan sadha berawal pada 13 mei dan berakhir pada 22 juni.

Di dalam bahasa jawa kuno, kalender jawa online ini pada mangsa ke sebelas di sebut sebagai hapit lemah dan pada mangsa kedua belas di sebut dengan hapit kayu. Kemudian nama bulan dhesta di ambil dari nama bulan ke 11 yang terdapat pada kalender hindu yang berasal dari bahasa sansekerta. Kemudian nama bulan sadha di artikan sebagai bulan kedua belas.

Itulah beberapa informasi mengenai kalender jawa online berdasarkan daftar bulan matahari yang dapat anda ketahui. Jadi anda tidak hanya sekedar tahu bulan bulan umum saja namun juga belajar tentang kalender jawa bulan matahari yang telah di sediakan secara online.

sumber: https://hariliburnasional.com

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments