Saturday, June 15, 2024
HomeHari LiburInfo Hari Libur Dan Jadwal Ujian Nasional Calender 2016

Info Hari Libur Dan Jadwal Ujian Nasional Calender 2016

Tahun 2016 pasalnya akan menjadi tahun yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini menjadi spesial bagi mereka yang lahir pada tanggal 29 Februari, karena pada tahun kabisat 2016 mereka dapat merayakan ulang tahun. Calender 2016 menyuguhkan sekitar 4 kali libur panjang dan cuti bersama. Diantaranya pada tanggal 5 Mei diperingati sebagai hari kenaikan Yesus Kristus. Kemudian sehari setelahnya diperingati sebagai hari Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Peringatan tersebut jatuh berurutan pada hari Kamis dan Jumat, sehingga anda mendapat libur panjang hingga hari Minggu.

Sebelumnya pada bulan Maret anda dapat memperoleh libur pajang dari tanggal 25 hingga tanggal 27 Maret 2016. Pada tanggal 25 Maret merupakan hari libur nasional wafatnya Yesus Kristus. Disamping libur panjang hari raya idhul fitri anda juga bisa memperolehnya dari hari raya idhul adha. Hari raya qurban akan jatuh pada hari Senin tanggal 12 September 2016. Bagi yang tidak merayakan anda bisa berlibur dari hari Sabtu. Begitu pula untuk bulan selanjutnya, di bulan Desember tepatnya tanggal 12 diperingati Maulid Nabi Muhammad. Long weekend terlaksana dari tanggal 10 di hari Sabtu.

Bagi anda para orangtua, selain berfikir mengenai tanggal liburan penting juga mengetahui tanggal pelaksanaan Ujian Nasional (UN). Seluruh peserta didik tingkat akhir yakni kelas 9 SMP/MTs maupun tingkat 12 SMA/SMK pada tahun 2016 akan melaksanakan ujian terakhir tingkat nasional sesuai dengan POS UN Tahun Pelajaran 2015/2016. Pemerintah bersama Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan telah menetapkan jadwal pada kalender pendidikan 2015/2016. Berikut info lengkap mengenai pelaksanaan UN tahun 2016.

Jadwal UN SMP/Mts Dan SMA/SMK Pada Calender 2016

Jadwal ujian nasional SMP/MTs tahun 2016 dimulai pada hari Senin tanggal 25 April 2016 sampai dengan Kamis 28 April 2016. Hari pertama akan diujikan mata pelajaran Bahasa Indonesia, hari kedua Matematika, dan hari ketiga pelajaran bahasa Inggris. Sedangkan pada hari terakhir di tanggal 28 April, materi yang diujikan adalah Ilmu Pengetahuan Alam. Jadwal tersebut perlu dicatat dan diingat oleh orangtua wali maupun siswa.

Sedangkan untuk UN SMA/MA sederajat untuk program IPA, IPS, dan Bahasa akan dilaksanakan mulai tanggal 4 April 2016. Ujian nasional SMA sederajat dilakukan dengan sistem paper based test (PBT) maupun secara online dengan computer based test (CBT). Kemendikbud menginginkan UN sebagai acuan ketercapaian SKL (standar kelulusan) secara nasional. Sedangkan kelulusan ditentukan dari nilai harian sekolah. Artinya siswa bisa lulus sekolah meskipun belum mencapai SKL. Tapi akan lebih baik jika siswa lulus keduanya. Dengan diterbitkannya jadwal ujian oleh Kemendikbud, para orangtua bisa memberi tanda penting pada calender 2016 yang dimiliki.

sumber: https://hariliburnasional.com

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments