Tuesday, June 25, 2024
HomeHari LiburKemeriahan Imlek 2016

Kemeriahan Imlek 2016

Perayaan imlek 2016, tahun 2016 ini jatuh pada tanggal 8 Februari 2016. Perayaan imlek diprediksi akan ramai dan meriah seperti tahun-tahun sebelumnya. Imlek sendiri merupakan perayaan khusus bagi warga tionghoa untuk menyambut tahun baru penanggalan tionghoa, itulah yang dimaksud tahun baru imlek. Perayaan seperti imlek akan dilangsungkan 15 hari lamanya dan di akhir hari ke 15 itu dinamakan Cap Go Meh. Negeri kita adalah negeri berbasis toleransi tinggi dan hidup saling berkawan yang menakjubkan. Maka dari itu meskipun ini adalah perayaan bagi warga tionghoa, perayaan ini juga akan diramaikan oleh orang-orang yang bukan berdarah tionghoa.

Perayaan dari tahun ke tahun selalu meriah, tak bisa dipungkiri memang. Perayaan imlek terlihat selalu mewah. Akan ada banyak lampu lampion yang cantik tergantung di sana-sini di setiap orang yang merayakannya. Akan ada event-event besar di beberapa kota yang akan mengguncang Indonesia di setiap perayaan imlek. Seperti event imlek di kota Semarang, yakni pasar imlek Semawis. Tepatnya di pasar Semawis, Semarang. Acara imlek Semarang pada pasar imlek Semawis tahun ini akan diramaikan oleh bazar, Warung potehi, pertunjukan barongsai, Pertunjukan wushu, Taman lampion yang indah, Musik Lam Kwan dan lain-lainnya. Pasar imlek dibuka mulai jam 09.00 sampai pukul 21.00.

Imlek 2016 Dengan Tradisinya

Seperti tradisi perayaan-perayaan lain. Misalnya perayaan hari raya idul adha di dalam umat muslim, dimana mereka menyembelih beramai-ramai hewan qurban, yakni kambing dan sapi. Perayaan juga punya tradisi menariknya sendiri. Pertama, orang-orang akan membersihkan rumah mereka dahulu, sebelum hari-H tiba, keadaan di dalam maupun sekitar rumah mereka harus bersih. Kenapa pembersihan rumah? Pembersihan ini bermakna sebagai pembersihan keburukan. Mereka membersihkan kotoran dan sampah di rumah layaknya mereka membersihkan keburukan dari rumah mereka. Setelah rumah bersih, mereka siap menerima keberuntungan untuk tahun yang baru.

Kedua, orang-orang akan mendekorasi rumah mereka. Biasanya jendela dan pintu rumah di cat ulang, selain itu mereka juga biasanya menempelkan kata-kata bijak di dalam rumah mereka. Dekorasi ini akan membuat rumah mereka dipenuhi warna merah sebab bagi warga tionghoa, warna merah memiliki makna tersendiri, makna yang membawa sebuah keberuntungan, juga menunjukkan kekuatan serta menunjukkan kesejahteraan. Warga tionghoa juga memiliki tradisi membeli pakaian dan sepatu baru. Hal ini memiliki makna bahwa mereka telah optimis dan siap menghadapi masa depan.

Selanjutnya, sebelum perayaan imlek, orang-orang akan melunasi hutang-hutang yang mereka miliki atau paling tidak mengurangi hutang mereka. Hal ini mereka lakukan dengan makna supaya mereka tidak akan dibebani oleh hal yang namanya hutang. Kemudian adalah angpao, tradisi ini sangat ditunggu-tunggu oleh anak-anak. Mereka mendapatkan angpao dari sanak saudara mereka. Tradisi angpao ini bermakna semacam transfer energi, bisa juga berarti transfer kesejahteraan. Orang-orang yang telah mampu membaginya dengan yang kurang mampu. Sebenarnya masih banyak tradisi-tradisi di dalam imlek, namun cukup ini saja yang saya sampaikan. Selamat menikmati imlek 2016 yang menyenangkan ini!

sumber: https://hariliburnasional.com

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments