Thursday, June 13, 2024
HomeHari LiburMenyambut Hari Suci Idul Fitri 2016

Menyambut Hari Suci Idul Fitri 2016

Menyambut Hari Suci Idul Fitri 2016

Hari raya idul fitri 2016 adalah hari suci umat islam yang jatuh pada tanggal 1 syawal berdasarkan penanggalan hijriyah. Jika di lihat berdasarkan kalender masehi maka hari raya puasa akan jatuh pada tanggal yang berbeda beda. Cara untuk menentukan tanggal 1 syawal juga bervariasi dan para umat islam juga merayakan hari raya idul fitri pada tanggal yang berbeda. Di tahun ini, hari raya idul fitri jatuh pada tanggal 6 juli 2016 hari rabu. Tradisi yang ada pada saat hari raya lebaran ini tiba juga sangat banyak sekali sehingga tradisi tersebutlah yang sering membuat umat islam rindu dan selalu menanti nantikan idul fitri tiba. Bagi anda yang ingin tahu lebih lanjut langsung saja simak ulasan di bawah ini.

Ibadah Dan Tradisi Idul Fitri

Ketika tanggal 1 syawal adalah akhir dari puasa di bulan ramadan maka tibalah perayaan idul fitri 2016. Di pagi hari akan di laksanakan salat idul fitri atau salat id yang di sunnahkan dan biasanya di gelar di tanah lapang atau bahkan jalan raya pada kota kota besar. Hal ini di lakukan ketika tempat ibadah sudah tidak cukup untuk menampung jumlah jamaah. Sebelum pelaksanaan salat id, imam akan mengingatkan para jamaah untuk membayar zakat fitrah. Sebab apabila zakat fitrah di lakukan setelah salat id selesai maka hukumnya sudah bukan zakat lagi tapi sedekah biasa. Hukum dari salad id ini sendiri adalah sunnah mu’akkad.

Sebelum menjelang hari raya idul fitri 2016, pada malam harinya para umat muslim di sunnahkan untuk mengumandangkan takbir yang di mulai sesudah bulan syawal. Adapun jumlah zakat fitrah yang harus di berikan adalah sebanyak 2,5 kg bahan pokok. Tujuan dari pemberian zakat fitrah ini yaitu saling memberikan kebahagiaan pada umat fakir miskin. Berbagai macam khutbah dan juga doa di langsungkan pada saat salat id dan sesudah pelaksanaan salat id para umat muslim dapat menjalankan tradisi lebarannya seperti saling bermaaf-maafan atau minal aidzin wal fa idzin. Beberapa orang juga ada yang melakukan ziarah di kuburan.

Di indonesia dan tentunya pada hari raya idul fitri 2016 nanti, para umat islam menjadikan hari suci ini sebagai hari besar untuk berkumpul bersama keluarga dan saudara tanpa ada satu alasan lagi baik itu masalah pekerjaan dan lain sebagainya. Biasanya hilir mudik pun sangat penuh yaitu banyak yang pulang kampung dan ada yang berlibur ke suatu tempat sehingga pemerintah pun juga memberikan fasilitas berupa perbaikan jalan.

Untuk memeriahkah hari raya idul fitri 2016 maka anda para umat muslim dapat mempersiapkan segala sesuatu untuk menyambut hari suci tersebut mulai dari persiapan busana muslim, kue hari raya, makanan yang biasanya ada di hari raya idul fitri seperti ketupat dan lain sebagainya. Dan jangan lupa untuk mempersiapkan diri agar lebih fitri sehingga hari raya idul fitri 2016 nantinya dapat menjadi momen yang sangat berharga.

Itulah beberapa informasi mengenai idul fitri 2016 yang dapat anda ketahui dan bagi anda yang sudah tidak sabar lagi menunggu hari raya maka anda dapat melakukan banyak persiapan sebelum menyambut hari ramadan umat islam di seluruh dunia ini dengan melakukan hal hal atau kegiatan yang positif.

sumber: https://hariliburnasional.com

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments