Thursday, July 18, 2024
HomeWisata FaunaNikmati Wisata Fauna Di Kalimantan Selatan yang Beraneka Ragam

Nikmati Wisata Fauna Di Kalimantan Selatan yang Beraneka Ragam

Kompleks wisata fauna di Kalimantan Selatan semakin hari semakin menunjukkan eksistensinya. Terbukti dari semakin banyak pengunjung yang datang untuk melihat para satwa dari dekat. Uniknya, pengunjung yang datang bukan hanya anak-anak saja banyak pula remaja, orang dewasa bahkan lansia.

Ragam Area Wisata Fauna Di Kalimantan Selatan

Sama seperti manusia, hewan memiliki tingkah laku yang unik yang akan membuat kita merasa kagum ketika melihatnya. Seluruh hewan bahkan dilengkapi dengan kemampuan menyerang bahkan membela diri. Berikut ini daftar tempat wisata terbaik untuk menyaksikan fauna di Kalsel.

1. Taman Satwa Banjarmasin

Dari sekian banyak zona fauna yang populer di tempat wisata ini, para pengunjung lebih suka pergi ke Zona Aquarium dan Zona Primata. Kebun binatang ini turut menghadirkan koleksi fauna khas Kalimantan. Jika menelusuri kompleks taman dengan baik, Anda akan menemukan bekintan, gagak, ayam hias, enggang, lutung, dan sebagainya.

2. Taman Satwa Jhonlin Lestari

Jika Anda merasa masih belum puas setelah mengunjungi kompleks kebun binatang sebelumnya maka kunjungi lembaga konservasi ini. Di sini ada banyak sekali satwa yang dirawat dengan sangat baik termasuk buaya, rusa sambar, burung kakatua jambul kuning, nuri bayan, rusa totol, dan lainnya.

3. Wisata Kerbau Rawa Amuntai

Menyaksikan orangutan mungkin sebelumnya sudah Anda lakukan di beberapa kebun binatang Kalimantan Tengah. Dan ketika berkesempatan pergi ke Kalimantan Selatan jangan lewatkan untuk menyaksikan Kerbau Rawa Amuntai. Berbeda dari kerbau biasanya, kerbau ini merupakan hewan ternak asli yang dikembangbiakkan dan dipelihara oleh peternak Desa Danau Panggang.

Menariknya, untuk melihat atraksi Kerbau Rawa Amuntai pengunjung harus menggunakan perahu sebagai alat transportasi. Supaya wisata kerbau menjadi lebih menyengkan  baiknya manfaatkan fasilitas tour guide.

4. Taman Hutan Raya Sultan Adam

Merupakan salah satu kompleks wisata alam paling populer di Kalimantan Selatan, tapi selain dimanfaatkan untuk berpetualang tempat ini juga menjadi lokasi wajib melihat keanekaragaman fauna.

Ada berbagai fauna menakjubkan yang bisa Anda temukan di Tahura ini sebut saja landau, beruang madu, kukang dan Uwauwa. Bila ditelusuri satu per satu, Anda akan menemukan 6 jenis hewan yang mendiami tempat wisata ini.

5. Pulau Kembang

Pemerintah Kalimantan Selatan melihat besarnya potensi fauna yang ada di seluruh Kabupaten Barito Kuala hingga kemudian membangun kompleks wisata ini. Tempat ini menjadi habitat dari aneka flora dan fauna di Kalimantan Selatan.

Di mana para pengunjung bisa menyaksikan satwa menarik seperti elang bondol, burung madu, bekantan, raja udang biru, dan jenis hewan unik lainnya.

Disadari atau tidak, faktanya ada banyak sekali hewan yang ada di sekitar kita. Dan ketika Anda masuk ke salah satu kompleks wisata fauna di Kalimantan Selatan, Anda akan menyadari jika hewan yang setiap hari Anda lihat ternyata hanya sebagian kecil dari hewan yang ada di dunia.

Oleh: hariliburnasional.com

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments