Saturday, June 15, 2024
HomeDestinasi WisataWisata Edukasi Planetarium Cocok untuk Keluarga dan Anak-anak

Wisata Edukasi Planetarium Cocok untuk Keluarga dan Anak-anak

Wisata edukasi Planetarium bisa dijadikan sebagai destinasi wisata bagi Anda yang ingin berlibur sembari menambah pengetahuan. Planetarium sendiri merupakan tempat wisata yang mengusung tema astronomi atau luar angkasa.

Ada beberapa hal yang menjadikan Planetarium wajib dikunjungi, apalagi jika mengajak anak-anak. Berikut beberapa informasi yang perlu diketahui sebelum berkunjung ke Planetarium

Fakta-fakta Tentang Wisata Edukasi Planetarium

  1. Lokasi dan Jam Operasional Planetarium

Lokasi wisata edukasi Planetarium sangat strategis, yakni berada di daerah Menteng Jakarta Pusat. Untuk waktu tempuhnya hanya 10 menit dengan menggunakan rute Jalan Sultan Agung dan Jalan Teuku Cik Ditiro.

Sementara untuk jam operasional Planetarium berbeda-beda tergantung dengan jenis pengunjung.

Untuk kategori biasa atau Planetarium jadwal kunjungan dibuka pada hari Selasa – Minggu mulai pukul 08.00 – 15.00. Kemudian untuk atraksi rombongan dibuka pada hari Selasa – Jumat mulai 09.30 – 13.30. terakhir untuk atraksi perorangan, dibuka di hari Sabtu dan Minggu saja dari jam 09.30 – 13.30.

  1. Harga Tiket Planetarium

Harga tiket masuk bervariasi tergantung kategori pengunjung. Untuk kategori anak-anak Rp7.000,- orang dewasa Rp12.000, rombongan pelajar dengan jumlah 100 orang Rp500.000,- dan rombongan umum 100 orang Rp100.000. Untuk membeli tiket masuk pengunjung dapat membeli langsung pada loket atau secara online melalui website resmi Planetarium.

  1. Wahana Planetarium

Wahana wisata edukasi Planetarium yang bisa pengunjung rasakan cukup beragam. Mulai dari teater bintang dengan seat yang luas dengan screen di seluruh ruangan untuk menampilkan pemandangan bintang. Kemudian akan ditampilkan proses terjadinya tata surya dan jenis-jenis benda langit kurang lebih selama 60 menit. Di sini pengunjung akan merasakan sensasi yang luar biasa karena tampilan yang terlihat nyata.

Selanjutnya ada teleskop observatorium, di sini pengunjung akan diajak untuk melihat berbagai koleksi teleskop yang sering digunakan para peneliti untuk melihat benda-benda langit.

Terakhir ada ruangan pameran, di sini beragam jenis peralatan khusus bidang Astronomi dipamerkan. Selain itu ada juga foto serta gambar benda-benda langit dipajang dan tidak lupa diberi keterangan.

  1. Fasilitas Planetarium

Tidak hanya wahananya yang beragam dan menarik, Planetarium juga dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Mulai dari fasilitas parkir yang cukup luas bahkan mampu menampung beberapa bus besar. Kemudian toilet yang bersih serta terawat sehingga pengunjung dapat menggunakannya lebih nyaman. Selain itu ada juga ruang tunggu untuk menunggu antrean menonton di teater.

Ada juga fasilitas ruang khusus yang digunakan sebagai tempat sholat, tersedia juga tempat wudhu serta toilet.

Lokasi Planetarium sangat strategis sehingga memungkinkan bagi para pengunjung untuk mencari penginapan, tempat makan, hingga layanan publik lainnya.

Demikian beberapa informasi mengenai wisata edukasi Planetarium yang perlu diketahui sebelum berkunjung. Menghabiskan masa liburan di Planetarium adalah salah satu aktivitas yang menyenangkan dan unik serta dapat meningkatkan wawasan di bidang astronomi.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments