Thursday, July 18, 2024
HomeWisata Religi5 Tempat Wisata Religi di Cirebon yang Sarat Akan Makna

5 Tempat Wisata Religi di Cirebon yang Sarat Akan Makna

Tempat wisata religi di Cirebon membuat kita menerima banyak tambahan ilmu dengan menelusurinya secara langsung. Pengalaman liburan seperti ini tidak akan pernah sama menariknya jika hanya ditelusuri lewat buku. Oleh karena itu, bila memiliki waktu luang usahakan untuk sesekali berkunjung ke sana.

5 Tempat wisata religi di Cirebon

1. Makam Sunan Gunung Jati

Umat muslim biasanya mengunjungi area Makam Sunan Gunung Jati terutama di musim libur lebaran Idul Fitri untuk berziarah. Meskipun demikian, banyak orang yang tetap mengunjungi tempat tersebut di sela-sela kesibukan mereka.

Menariknya, makam ini berada di area perbukitan sehingga tidak semua orang bisa naik ke atas bukit Gunung Sembung. Pada umumnya, mereka yang diizinkan adalah bagian dari keluarga keraton dan tamu kehormatan. Mereka yang ingin memasuki kompleks pemakaman harus menuju Lawang Krapyak yakni pintu masuk dari 9 pintu yang tersedia.

2. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Salah satu destinasi wisata Cirebon yang juga cocok dikunjungi umat muslim adalah kompleks masjid ini. Masjid ini disebut-sebut sebagai masjid tertua yang dibangun di tanah Jawa, tepatnya pada 1480.

Ada beberapa bagian unik dari arsitektur Masjid Agung Cirebon Sang Cipta Rasa termasuk atap pelataran yang dibuat menyerupai rumah Joglo. Selain itu, tempat wudhunya pun dibuat bernuansa tradisional dengan kendi besar penuh air.

3. Kelenteng Talang

Sebelumnya dikenal sebagai Sam Po Toa Lang, tempat wisata ini memiliki daya tarik arsitektur dengan nuansa islami yang kuat. Kelenteng Talang sebenarnya adalah kelenteng Konghucu di mana kita bisa menemukan filosofi khas Konghucu di dalamnya.

4. Gua Maria Sawer Rahmat

Wisata religi kota Cirebon yang menjadi tempat favorit dari pemeluk agama Katolik. Tempat ini diresmikan oleh Kardinal Tomko tepat pada 1990 lalu. Gua besar ini mempunyai patung maria raksasa dengan ketinggian mencapai 2 meter. Selain dimanfaatkan sebagai tempat wisata religi, pengunjung pun bisa menikmati keindahan karena kawasan di sekitar gua memang sangat indah.

5. Taman Sari Gua Sunyaragi

Menemukan tempat wisata ini tidaklah sulit, kita cukup mengunjungi Kelurahan Sunyaragi, Kesambi di Cirebon. Tempat ini banyak dimanfaatkan orang di zaman dahulu untuk menemukan ketenangan atau bertapa. Berdasarkan artinya dalam bahasa Sanskerta, Sunyaragi berarti sunyi raga.

Tempat wisata ini terdiri dari dua bangunan yakni gua dan pesanggrahan. Di mana dahulu, pesanggrahan dimanfaatkan sebagai ruang rias bahkan tempat tidur. Area guanya tampak menyerupai candi dengan lorong-lorong tertentu.

Bila ditelusuri dengan baik, nyatanya ada banyak sekali tempat wisata religi di Cirebon. Secara keseluruhan tempat tersebut bahkan populer di kalangan turis mancanegara. Mereka umumnya menyukai bangunan arsitektur dan pemandangan alamnya yang sangat indah. Sebagai pribumi asli, hendaknya kita ikut melestarikan dan mengeksplorasi tempat-tempat tersebut.

Oleh: hariliburnasional.com

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments