Thursday, June 13, 2024
HomeWisata ReligiCoba Kunjungi 4 Objek Wisata Religi Palembang Terunik Ini

Coba Kunjungi 4 Objek Wisata Religi Palembang Terunik Ini

Wisata religi Palembang pada bulan Ramadhan atau hari biasa bisa diisi dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat. Salah satunya dengan mengunjungi objek wisata yang ada di Palembang. Meskipun terkenal dengan kuliner dan berbagai objek wisata lain yang ada di Palembang, namun sejenak kita ketahui apa saja destinasi wisata religi yang tersedia di Palembang.

Daftar 4 Objek wisata religi Palembang

Jangan hanya sibuk memberi semangat untuk fisik saja, namun rohani juga perlu disemangatkan. Selain itu jika lebih dekat dengan destinasi wisata religi, maka pengetahuan tentang Islam juga bisa bertambah. Tentu menyenangkan bisa belajar sambil liburan dan jalan-jalan. Lebih jelasnya mengenai 4 objek wisata religi ini, bacalah penjelasan berikut:

  • Alqur’an Raksasa Al-Akbar

Hingga kini, belum semua masyarakat luar daerah Palembang sudah berkunjung ke Palembang, apalagi melihat Al’quran Raksasa ini secara langsung. Sehingga bagi yang sudah berada di Palembang sudah seharusnya tidak melewatkan objek wisata Palembang yang satu ini. Ukurannya yang lebih besar dari Al-Quran biasa dengan lebar mencapai 140 cm dan panjangnya sekitar 177 cm. Lebih unik lagi karena Al-Quran ini diukir pada material kayu tembesu yang tebalnya sekitaran 2,5 cm. Dengan segala ketertarikannya, inilah yang membuat Al-Quran ini banyak dikunjungi warga.

  • Kampung Al-Munawar

Kampung Al-Munawar juga menjadi salah satu objek wisata religi dimana warga di situ mengenalnya dengan nama Kampung Arab. Untuk mengunjunginya, lokasi area ini ada di tepian sungai musi atau 13 Ulu kota Palembang. Bagi yang ingin berkunjung dari luar kota, maka harus datang ke kota dulu.

  • Masjid Cheng Ho

Bangunan yang dibangun dengan 2 lantai ini dikatakan bisa menampung sebanyak kurang lebih 600 jamaah. Berbeda dengan masjid pada umumnya, dimana masjid Cheng Ho ini dibedakan bagian untuk laki-laki dan perempuan yaitu lantai satu dikhususkan untuk laki-laki sedangkan lantai duanya diberikan untuk jamaah perempuan. Meskipun masjid ini sudah tua dan berdiri dalam waktu yang cukup lama, namun memiliki keunikan sendiri dimana bangunannya dirancang dengan gaya arsitektur Tiongkok.

Dinamakan masjid Cheng ho dan dipakai gaya Tiongkok karena Cheng Ho adalah Laksamana Tiongkok yang beragama Islam. Masjid ini memiliki menara yang dibangun dengan hiasan bertingkat bahkan ada yang bilang masjid ini seperti kelenteng.

  • Masjid Ki Marogan

Meskipun banyak tempat instagramable Palembang, mengunjungi masjid yang ada di Palembang adalah suatu kegiatan yang memberikan makna tersendiri. Masjid dengan bangunan sederhana dan klasik ini berdiri pada 1870. Selain digunakan untuk pengajaran dan penyebaran agam Islam, masjid Ki Marogan di dalamnya dibangun makam dari seorang ulama Palembang yang bernama Ki Marogan.

Sekian artikel mengenai objek wisata religi Palembang yang bisa dikunjungi saat berada di Palembang. Selamat berwisata.

Oleh: hariliburnasional.com

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments