Thursday, June 13, 2024
HomeHari LiburCuti Bersama, Momen Introspeksi Pekerjaan

Cuti Bersama, Momen Introspeksi Pekerjaan

Momen cuti bersama adalah momen yang ditunggu banyak pegawai negeri. Hal itu bukan berarti bahwa etos kerja mereka rendah, sebab siapapun yang bekerja rutin pasti suatu waktu membutuhkan liburan. Untuk pegawai negeri, ada memang liburan-liburan rutin, meski demikian, selingan liburan di tengah pekerjaan tentu memberikan sensasi yang berbeda yang menyenangkan. Hal karena itulah cuti yang memang diberlakukan secara resmi dari atas jelas merupakan momen yang menyenangkan bagi mereka.

Bekerja merupakan kewajiban. Penyebabnya ada dua hal. Yang pertama, adalah tuntutan personal. Tanpa bekerja maka anda tak akan mendapatkan asupan ekonomi untuk hidup atau menghidupi keluarga anda. Yang kedua adalah tuntutan dari luar. Artinya, ketika anda sudah terikat kontrak bekerja di satu instansi, sudah jelas anda harus memenuhi kontrak tersebut dengan bekerja bersungguh-sungguh sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Melanggar untuk bekerja jelas melanggar dua tuntutan itu tadi dan itu jelas bukanlah merupakan tindakan yang sesuai dengan etika.

Memilih Fungsi Berbeda Cuti Bersama

Selama ini, fungsi cuti bersama seringkali hanya diarahkan pada fungsi-fungsi hiburan. Anda misalnya bisa mengambil liburan bersama keluarga anda setiap hari tersebut. Akan tetapi tidakkah anda berpikir bahwa akan terlalu membosankan jika semua hari itu diisi dengan liburan? Maka mungkin sudah waktunya anda memikirkan cara mengisi hari itu dengan lebih produktif dan signifikan. Jelas jika hari itu tetap diisi dengan bekerja maka itu bukan merupakan pilihan yang bagus. Anda membutuhkan hal baru untuk mengisinya dan bekerja tidaklah masuk ke dalam hitungan.

Maka salah satu fungsi yang mungkin bisa anda pilih adalah menjadi cuti bersama hari renungan. Bisa juga anda misalnya mengusulkan pada instansi tempat anda bekerja untuk membuat semacam introspeksi diri pada beberapa tanggal merah yang ada dalam setahun. Introspeksi diri terkadang dilupakan karena hari sibuk bekerja. Padahal introspeksi bisa meningkatkan kinerja anda juga. Hal itu pada akhirnya akan membawa keuntungan lebih juga pada instansi tempat anda bekerja. Maka cara yang satu ini sangat patut diusulkan meski tentu saja jangan sampai durasinya terlalu sering. Anda tetap butuh liburan.

Tentu saja fungsi yang satu ini tak boleh dipaksakan. Artinya, jika anda mencoba mengusulkan pada instansi anda, pastikan bahwa semua orang bisa menerima usulan anda. Jika tidak, tak perlu dipaksakan. Akan lebih baik jika sudah demikian bagi anda untuk mengambil momen cuti bersama sebagai momen introspeksi diri sendirian saja. Hal itu jelas lebih baik daripada anda dan kawan-kawan sekerja anda mengambil momen introspeksi diri bersama akan tetapi dengan adanya unsur terpaksa. Percayalah, jika modelnya demikian, maka hasilnya juga tak akan bagus.

sumber: https://hariliburnasional.com

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments