Wednesday, June 19, 2024
HomeHari LiburHari Libur Juni 2020

Hari Libur Juni 2020

Hari libur Juni 2020 mungkin tidak sebanyak bulan sebelumnya yang bahkan mendapatkan tiga jatah cuti bersama. Karena total hari libur atau tanggal merah di bulan Juni 2020 hanya satu saja. Tanggal merah kali ini bukan peringatan atau perayaan keagamaan seperti sebelumnya melainkan peringatan hari besar untuk bangsa Indonesia. Yang sewajarnya selalu diingat dan dikenang dengan baik bahkan mungkin diajarkan pada generasi muda.

Daftar Hari Libur Juni 2020

Mengawali bulan pertengahan di tahun 2020 sudah banyakkah hal positif yang Anda lakukan sebagai warga negara Indonesia? jika jawabannya belum, cobalah untuk berdiam diri sejenak dan menghargai tanggal libur nasional maupun hari penting lainnya berikut:

  • 1 Juni (Hari Lahir Pancasila)

Pada gilirannya Tepat pada 1 Juni 1945, Soekarno mendapatkan kesempatan untuk mengutarakan gagasan akan dasar negara Indonesia yang diberi nama Pancasila. Semua hadirin yang hadir dalam sidang BPUPKI tersebut menerima secara aklamasi gagasan yang disampaikan Soekarno.

Setelah puluhan tahun Indonesia mengecap kemerdekaan, tepat pada tahun 2016 menurut Keputusan Presiden Nomor 24, 1 Juni ditetapkan sebagai Kelahiran Pancasila. Di mana pemerintah memberikan jatah hari libur nasional untuk memperingatinya.

  • 1 Juni (Hari Perlindungan Anak-anak Sedunia)

Selain menjadi peringatan Hari Kelahiran Pancasila, di tanggal yang sama dalam skala internasional beberapa elemen masyarakat memperingatinya sebagai Hari Perlindungan Anak-anak Sedunia. Hari peringatan ini mungkin bukan hari libur panjang 2020. Bertujuan untuk meningkatkan kepedulian seluruh lapisan masyarakat akan kesejahteraan anak-anak di seluruh dunia.

  • 5 Juni (Hari Lingkungan Hidup Sedunia)

Kesadaran global akan pentingnya menjaga lingkungan, alam serta planet bumi makin hari makin menipis. Maka sudah sewajarnya jika setiap 5 Juni seluruh lapisan masyarakat berbondong-bondong untuk lebih peduli akan lingkungan. Karena hari tersebut ditetapkan sejak 1974 sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

  • 8 Juni (Hari Laut Sedunia)

Meski bukan termasuk hari libur 2020, Hari Laut Sedunia menjadi peristiwa unik dan menarik di seluruh dunia. Disahkan PBB pertama kali akhir tahun 2008 dan masih diperingati sampai kini. Dengan peringatan Hari Laut Sedunia diharapkan setiap lapisan masyarakat dunia mau menghargai laut dengan segala biota laut yang hidup di dalamnya.

  • 10 Juni (Hari Media Sosial)

Siapa yang menyangka jika setiap 10 Juni, Indonesia memperingati Hari Media Sosial. Hari spesial ini dicetuskan 2015 lalu oleh Handi Irawan D. Bertujuan untuk menyimpan lalu mengelola semua aspirasi dan informasi mengenai media sosial oleh pelaku usaha maupun masyarakat umum.

  • 22 Juni (Hut Kota Jakarta)

Hari libur kalender 2020 di Indonesia mengalami banyak perubahan tapi tidak dengan Hari Kelahiran Kota Jakarta yang selalu diperingati warga Kota Jakarta setiap 22 Juni. Pesta HUT Kota Jakarta sangat meriah bahkan diadakan secara khusus oleh beberapa lapisan masyarakat.

Dengan memaknai hari libur Juni 2020 Anda akan memahami pentingnya mengenal latar belakang sejarah Kelahiran Pancasila yang diperingati 1 Juni. Tanpa bantuan dari pemikiran Soekarno yang cerdas, mungkin kita tidak akan mengenal Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

Oleh: hariliburnasional.com

Previous article
Next article
RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments