Thursday, June 13, 2024
HomeHari LiburHari Libur September 2019

Hari Libur September 2019

Hari libur September 2019 telah dapat diketahui melalui artikel ini. Walaupun masih beberapa bulan lagi, namun hari libur di bulan September tahun 2019 nampaknya sudah dinantikan oleh banyak masyarakat. Terlebih bagi yang merencanakan sebuah event seperti pernikahan, anniversary atau hanya liburan biasa dengan teman atau keluarga di bulan kesembilan tahun depan.

Daftar Peringatan dan Hari Libur September 2019

Bagi yang sudah berencana untuk melakukan liburan atau aktivitas lain di luar rutinitas, berikut ini adalah daftar peringatan dan hari libur nasional yang dapat dimanfaatkan.

  • Hari Pamong Praja

Peringatan pada bulan September 2019 dimulai dengan hari Pamong Praja. Peringatan hari buruh setiap tanggal 8 September ini dipicu oleh keberadaan dan sejarah para pamong praja yang sudah ada sejak zaman Hindia Belanda dulu. Peringatan hari buruh bertujuan untuk mengingatkan kita akan sejarah serta pekerjaan para pamong praja yang mengurusi segala hal tentang residual negara.

  • Tahun Baru Hijriyah

Tanggal 1 September 2019 yang merupakan peringatan hari buruh juga bertepatan sebagai Tahun Baru Hijriyah. Meskipun peringatan tahun baru hijriyah merupakan salah satu hari libur 2019, namun ternyata tanggal 1 September jatuh pada hari Minggu. Untuk itu, di hari perayaan tahun baru Hijriyah tahun 2019 tidak ada bonus tambahan libur.

  • Hari Polwan

Ternyata tanggal 1 September juga merupakan peringatan hari Polisi Wanita atau Polwan. Meskipun tidak dijadikan sebagai ahri libur nasional, namun peringatan Hari Polwan ini tetap diperingati secara semarak. Peringatan Hari Polwan bertujuan untuk meningkatkan semangat kerja para polwan dan semakin meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menghargai dan menghormati keberadaan Polwan.

  • Hari Aksara

Peringatan selanjutnya yang ada di bulan September adalah peringatan hari Aksara yang rutin dilaksanakan setiap tanggal 8 September di setiap tahunnya termasuk di tahun 2019. Peringatan hari aksara bertujuan untuk semakin menyadarkan masayrakat akan pentingnya memiliki salah satu kemampuan dasar yakni membaca dan menulis. Hari ini memang tidak ditetapkan sebagai salah satu rangkaian libur panjang 2019. Namun jika semakin direnungkan, maka kesadaran masyarakat akan pentingnya pengetahuan aksara akan mampu meningkatkan kualitas SDM negara.

  • Hari Olahraga Nasional

Sehari setelah peringatan hari Aksara tepatnya pada tanggal 9 September, terdapat peringatan hari Olahraga Nasional. Banyak sekali jenis perayaan peringatan hari ini yang dilakukan oleh masyarakat berbagai kalangan.

  • Hari Tani

Selanjutnya setiap tanggal 24 September juga diperingati sebagai hari Tani. Indonesia merupakan salah satu negara agraris. Peringatan hari Tani yang meski tidak dijadikan libur kalender 2019 diharapkan dapat meningkatkan semangat dan minat jiwa penerus untuk memajukan dunia pertanian nusantara.

Melalui penjelasan di atas dapat diketahui tentang beberapa peringatan serta hari libur September 2019 yang dapat digunakan sebagai acuan untuk menentukan hari untuk melakukan beberapa kegiatan. Semoga informasi di atas dapat memberi manfaat.

Oleh: hariliburnasional.com

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments