Tuesday, June 25, 2024
HomeWisata FaunaKawasan Wisata Fauna Di Kalimantan Timur dengan Ciri Khas Unik

Kawasan Wisata Fauna Di Kalimantan Timur dengan Ciri Khas Unik

Wisata fauna di Kalimantan Timur mengantarkan kita pada cakrawala yang berbeda. Jika sebelumnya melihat fauna dari kacamata sederhana, pandangan Anda mulai mengalami perubahan dan memandang satwa sebagai hewan yang sangat menarik dan unik. Karena tidak hanya berbakat dalam menyerang, beberapa hewan tumbuh dan berkembang dengan bakat melindungi diri.

Daftar Kawasan Wisata Fauna Di Kalimantan Timur

Provinsi Kalimantan menawarkan banyak atraksi wisata unik salah satunya kompleks wisata fauna. Uniknya, masing-masing kepingan memiliki ciri khas tersendiri sebut saja Kalimantan Selatan yang memiliki kerbau rawa atau Kalimantan Tengah dengan orangutan. Dan berikut ini tempat-tempat wisata fauna terbaik di Kalimantan Timur:

1. KWPLH Balikpapan

Balikpapan menjadi tujuan utama ketika Anda berencana menyaksikan hewan terbaik di Kaltim. Di tempat ini, icon fauna yang hadir dan sangat dilindungi adalah beruang madu. Selain mengedukasi pengunjung untuk mengenal bentuk visual dari beruang madu, konservasi ini turut memberikan beragam informasi tentang binatang tersebut. Meski satwa utamanya adalah beruang madu, Anda juga bisa menemukan anjing dan kucing di tempat ini.

2. Barnacles Crocodile Farm

Jika sebelumnya adalah konservasi dari beruang madu, maka di sini kita bisa menemukan lebih dari 1,450 ekor buaya. Buaya yang ada di sini pun sangat beragam bukan hanya satu spesies saja melainkan ada buaya air tawar, buaya muara, dan buaya supit.

Untuk bisa mengakomodasi seluruh buaya, pihak pengelola membuat puluhan kandang yang dibagi kembali menjadi empat klasifikasi. Mulai dari kandang anakan, proses pertumbuhan, buaya remaja dan terakhir kandang buaya indukan.

3. Penangkaran Rusa Penajam

Rusa merupakan salah satu hewan paling cantik yang sangat disukai oleh banyak generasi terutama anak-anak. Karena berbeda dari hewan liar, rusa termasuk satwa yang jinak dan sangat patuh terutama ketika diberi makanan.

Mereka tidak takut untuk berinteraksi bersama manusia meskipun masih dalam tahap wajar menggunakan palang pagar. Di tempat penangkaran ini, setidaknya Anda akan melihat 200 ekor rusa yang terbagi menjadi beberapa jenis mulai dari rusa timor atau rusa sambar.

4. Pulau Derawan

Anda yang suka diving akan sangat menyukai pulau ini karena di sini terdapat banyak sekali biota laut yang bisa Anda lihat dari dekat. Sebut saja gurita, lobster, belut pita, ikan pipa, cumi-cumi bahan kuda laut.

5. Lamin Etam Ambors Samboja

Melihat hewan tidak harus menjelajahi alam liar, di sini Anda juga bisa menyaksikan beragam hewan menarik dan lucu seperti burung merak, burung enggang, bekantan, kuda dan lainnya.

Menelusuri hutan pernahkah ada dibayangan Anda? Sebagai pecinta hewan tentu melakukan petualangan tersebut menjadi impian. Sebagai permulaan, mengapa tidak mencoba dari hal mudah terlebih dahulu seperti mengunjungi berbagai tempat wisata fauna di Kalimantan Timur. Selain menampilkan suasana asri, tempat-tempat tersebut juga menyediakan beragam koleksi satwa.

Oleh: hariliburnasional.com

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments