Wednesday, June 19, 2024
HomeDestinasi WisataRute transportasi ke pulau Seribu dari Jakarta dengan Kapal

Rute transportasi ke pulau Seribu dari Jakarta dengan Kapal

Rute transportasi ke pulau Seribu dari Jakarta cukup banyak alternatifnya terlebih bagi wisatawan yang ingin memakai moda transportasi aman serta murah menuju ke kepulauan ini. Ingat Anda juga harus mengenal sedikit rute tersebut sebelum memutuskan untuk berangkat agar memudahkan perjalanan. Dengan demikian tidak akan kerepotan harus mencari-cari rute yang ditempuh saat dalam perjalanan.

Mengenal Pulau Seribu

Pulau Seribu merupakan kepulauan yang terletak di Teluk Jakarta. Kepulauan ini bisa dikatakan lebih luas dari wilayah dataran Jakarta sendiri karena terdiri dari banyak pulau kecil. Total pulau yang ada di Kepulauan Seribu berjumlah 342, namun pulau yang dijadikan wisata ada 65 pulau saja. Ada banyak keindahan alam yang tersedia di sini, hingga mengundang banyak wisatawan lokal dan mancanegara yang ingin mengenal pulau Seribu lebih jauh.

Rute transportasi ke pulau Seribu dari Jakarta dengan berbagai kapal laut

Cara ke Pulau Seribu sendiri bisa ditempuh oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Menuju ke pulau seribu sendiri bisa dikatakan cukup mudah karena ada banyak moda transportasi yang melayani perjalanan menuju ke sana. Misalnya dengan kapal tradisional, sebagai moda transportasi yang dimanfaatkan oleh masyarakat lokal. Biayanya pun cukup murah untuk menuju beberapa pulau terkenal seperti pulau Pramuka yang hanya 45.000 ribu rupiah per orangnya. Menuju beberapa pulau lainnya juga harganya tidak jauh beda, dan yang paling mahal hanya 86.000 ribu rupiah karena tersedia fasilitas AC. Jadwal keberangkatan kapal tradisional pun berbeda-beda ada yang melayani Senin hingga Jumat saja, namun ada juga yang mau berangkat pada hari libur. Biasanya kapal berangkat pada pagi hari.

Lalu kapal yang menuju pulau Seribu berikutnya adalah Feri KMP yang membuat dua kategori harga untuk anak-anak dan dewasa. Untuk anak-anak sendiri harganya mulai dari 24.000 hingga 33.000 ribu rupiah. Sedangkan untuk kategori dewasa dipatok sebesar 36.000 hingga 46.000 rupiah. Biasanya Feri KMP melayani pemberangkatan pagi hari sekitar pukul 07.00.

Untuk para backpacker ke Pulau Seribu maka bisa menggunakan kapal PELNI. Ada dua jenis kapal Pelni yang bisa mengantar Anda ke Pulau Seribu. Kapal pertama adalah KM Sabuk Nusantara 46 yang memiliki harga 15.000 rupiah setiap orangnya. Kapal yang kedua adalah Express Bahari yang dibedakan menjadi tiga kelas yakni: bisnis seharga 75.000 rupiah, eksekutif 100.000 rupiah, serta VIP 125.000 rupiah. Keberangkatan kapal ini dari pelabuhan ratu pada hari Sabtu, Senin, dan Rabu pukul 08.00.

Demikianlah Rute transportasi ke pulau Seribu dari Jakarta  yang bisa Anda pilih. Disarankan untuk memilih transportasi yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Selain itu Anda juga harus memiliki berbagai persiapan lain seperti akomodasi, penginapan, serta kebutuhan obat pribadi yang akan digunakan selama liburan.

 

Oleh: hariliburnasional.com

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments