Saturday, June 15, 2024
HomeDestinasi WisataTugu Muda Semarang Kenangan Perjuangan

Tugu Muda Semarang Kenangan Perjuangan

 

Tugu Muda Semarang
sumber: google.co.id

Pernah mengunjungi semarang? Kalian pasti tahu destinasi – destinasi wisata di kota besar ini. Salah satunya ialah tugu muda semarang yang menjadi salah satu icon publik milik warga kota semarang. Icon yang menjadi monumen yang sangat bersejarah, karena di bangun untuk mengenang peristiwa pertempuran lima hari melawan para penjajah yang ada di semarang. Bangunan yang penuh memiliki sejarah ini, dibangun pada pertemuan jalan protokoler. Tugu muda yang bersejarah terletak di tengah persimpangan jalan mgr Sugiopranoto, jalan pandanaran, jalan imam bonjol, jalan Dr. Sutomo, dan jalan pemuda. Sebelah utara dari monument ini terdapat gedung pandanaran, lalu terdapat lawang sewu disebelah timur. Disebelah barat ada wisma perdamaian, dan sebelah selatan terdapat pula Museum Mandala Bhakti.

Tugu Muda Semarang Sejarah Masa Lampau

Sejarah mengenai dibangunnya monumen ini pasti setiap orang kota Semarang menegetahuinya. Seperti yang telah disinggung diatas, peristiwa ini memperingati pertempuran lima hari antara warga Semarang melawan penjajah dari jepang. Pemerintah kota semarang telah membangun tugu bersejarah ini pada tanggal 10 November 1950. Tugu muda semarang diresmikan pada tanggal 20 Mei 1953 oleh presiden pertama RI Ir. Soekarno yang bertepatan dengan hari kebangkitan nasional. Peristiwa itu berlangsung dari tanggal 15 oktober 1950 sampai berakhir pada 20 oktober 1950.

Tugu muda semarang dibangun menyerupai bentuk lilin yang mempunyai makna tentang semangat juang pada masa itu yang tidak akan pernah padam. Tugu ini dibentuk dengan penampang segi lima, ada tiga bagian yang sangat penting yaitu landasan, badan dan kepala. Untuk memperkuat kesan, ada kolam yang mengelilingi tugu tersebut, dan tugu muda bersejarah ini keseluruhan terbuat dari batu. Sebuah taman dibangun mengelilingi tugu muda dengan relief cantik. Serta disana terdapat duplikasi atau tiruan bambu runcing yang merupakan senjata pribumi berjumlah 5 buah. Hal ini menandakan 5 hari berlangsungnya pertempuran berdarah itu.

Selain tiga bagian yang mendasar, terdapat pula sangga pilar yang berjumlah 5 buah. Sanggar pilar ini melambangkan pancasila. Setiap sangga memiliki hiasan – hiasan yang berbeda satu sama lain. Desain dari tugu muda semarang dibuat oleh salah satu karya anak bangsa yaitu Salim, serta seorang seniman yang mengerjakan keseluruhan relief yaitu Hendro. Bahan yang digunakan datang dari berbagai tempat seperti Kaliurang dan Paker.

Kini Tugu muda semarang menjadi obyek kunjungan yang wajib untuk dikunjungi para pelancong. Banyak orang yang menjadikan monumen bersejarah tugu muda ini sebagai tempat berkumpul, entah itu keluarga ataupun para kaula muda. Disekitar monumen terdapat pula kunjungan wisata Lawang Sewu, Museum Mandala Bhakti yang seperti menjadi paket kunjungan yang menarik.

sumber: https://hariliburnasional.com

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments