Saturday, June 15, 2024
HomeWisata ReligiWisata 1000 Patung Riau Unik Dengan Sejuta Ekspresi

Wisata 1000 Patung Riau Unik Dengan Sejuta Ekspresi

Wisata 1000 Patung Riau lebih tepatnya lagi berada persis di Tanjung Pinang. Merupakan salah satu kawasan wisata religi dengan pemandangan yang sangat unik baik dilihat dari dekat maupun dari jarak yang jauh. Sebagaimana namanya, di Vihara Patung 1000 Tanjung Pinang terdapat lebih dari lima ratus patung yang dipahat dengan ekspresi wajah yang beragam. Jadi kita tidak hanya melihat patung yang berwajah datar atau sedang tersenyum saja, tapi kita juga bisa menyaksikan patung dengan ragam ekspresi lainnya.

Keunikan tempat wisata 1000 Patung Riau

1. Dibangun Selama 14 Tahun

Sebenarnya tidak mengherankan jika pihak pengelola membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membangun tempat wisata religi ini. Mengingat selain mengerjakan bangunan utamanya, pihak pengelola pun harus mempersiapkan ratusan patung. Lamanya waktu yang dibutuhkan untuk menuntaskan pengerjaan Vihara Ksitigarbha Bodhisattva ini kurang lebih selama 14 tahun.

2. Patung Sejuta Ekspresi

Menemukan tempat wisata Vihara Ksitigarbha Bodhisattva bukan hal yang rumit. Pengunjung hanya perlu membelah jalan ke arah Kota Tanjung Pinang bagian barat dan menempuh perjalanan selama 20 menit. Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, patung yang ada di sini memiliki beragam ekspresi yang lucu dan mengesankan.

Pemahat tidak hanya membuat patung dengan raut wajah tertawa atau ceria, namun juga membuat patung yang menampilkan raut marah, lucu, cemberut dan ekspresi menarik lainnya yang bisa hadir di wajah manusia. Selain dipahat dengan sejuta ekspresi, patung tersebut juga sengaja dibuat dalam kondisi tertentu salah satunya patung yang membawa binatang atau sedang menggendong anak-anak.

3. Tempat Ibadah

Meskipun terkenal karena memiliki banyak sekali patung ekspresi, tempat ini juga difungsikan secara nyata sebagai tempat beribadah. Banyak umat yang datang untuk sembahyang ke sini dan setelah menyelesaikan serangkaian acara sembahyang mereka akan melanjutkan perjalanan dengan berfoto dengan background patung. Uniknya, selain melihat wisatawan domestik kita juga bisa melihat wisatawan asing yang menjalankan ibadah atau sekedar mengagumi keindahan dari ratusan patung tersebut.

4. Dibuat Seniman Tiongkok

Tempat wisata religi di Riau ini banyak menjadi sorotan karena keberadaan 500 patung ekspresi, selain itu pengunjung juga bisa melihat kurang lebih 40 patung dewa Buddha. Vihara Ksitigarbha Bodhisattva dikenal pula sebagai vihara terbesar di Asia Tenggara dan secara keseluruhan patung yang ada di sana dibuat oleh seniman Tiongkok. Menakjubkannya lagi, harga tiap patung di sana sangatlah mahal. Satu patung dihargai sekitar 25 juta dengan sertifikat garansi, kualitas patungnya memang patut diacungi jempol.

Itulah tempat wisata 1000 Patung Riau yang mampu menarik perhatian para wisatawan mancanegara khususnya wisatawan asing yang hendak melakukan perjalanan wisata religi di Indonesia. Tempat ini banyak dipopulerkan karena memang memiliki ciri khas dan daya tarik unik yang tidak bisa ditemukan di vihara lainnya.

Oleh: hariliburnasional.com

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments