Wednesday, June 19, 2024
HomeDestinasi WisataWisata Museum Fatahillah Tempat Liburan Sambil Edukasi

Wisata Museum Fatahillah Tempat Liburan Sambil Edukasi

Wisata museum Fatahillah adalah wisata bersejarah di kota Jakarta. Berlokasi di kawasan Kota Tua, tepatnya di Jalan Taman Fatahillah No.2, Jakarta Barat. Di gedung ini Anda bisa melihat segala peninggalan dari zaman prasejarah sampai ke zaman setelah Indonesia merdeka.

Daya tarik Museum Fatahillah

1. Sejarah museum Fatahillah

Sejarah museum Fatahillah adalah hal yang menarik untuk diperbincangkan. Gedung yang dibangun orang Belanda ini diresmikan pada tahun 1710 oleh jenderal Abraham Van Riebeek. Pada zaman tersebut kota Batavia masih menjadi pusat aktivitas rakyat. Bahkan tempat ini dulunya sering dijadikan tempat melaksanakan pembantaian massal.

2. Beragam koleksi menarik

Museum Fatahillah memiliki koleksi benda bersejarah sebanyak 23.500 benda. Dengan banyaknya koleksi tersebut wisatawan menjadi tertarik dan ingin berkunjung ke museum. Tetapi, koleksi sebanyak itu tentunya tidak semua benda asli. Sebagian hanya replika saja karena benda aslinya sudah mengalami kerusakan yang cukup parah.

Menariknya, Anda juga bisa melihat alat pertukangan dan senjata yang sering digunakan orang-orang purba. Bahkan benda-benda tersebut disimpan dan tersusun rapi.

3. Tata letak koleksi

Saat memasuki objek wisata museum Fatahillah,Anda akan terhipnotis mengenai tata letaknya yang sangat rapi. Untuk tata letak setiap koleksi di dalam museum ini diurutkan berdasarkan periodenya. Tata letak ini bahkan mengikuti permintaan masyarakat agar tidak membosankan. Bahkan ditambah dengan pencahayaan di tempat yang tepat agar museum tidak monoton.

Untuk koleksinya sendiri setiap barang-barang yang ada di museum ditunjukkan dalam bentuk display. Dengan menggunakan display, mama penyampaian informasi kepada pengunjung lebih mudah.

4. Ruang museum

Pada masa VOC, dulunya museum Fatahillah digunakan sebagai ruang tahanan dan penjara utama. Pada masa itu penjara bawah tanah dibagi dua, jika penjara pertama dikhususkan untuk tahanan yang bisa membayar.

Maka lain halnya dengan penjara kedua yang memiliki kondisi sangat buruk. Tidak ada pencahayaan, udara masuk, dan ventilasi. Bahkan banyak sekali tahanan yang mati karena kekurangan oksigen sebelum diadili.

5. Cerita mistis

Setiap bangunan bersejarah pasti memiliki cerita mistisnya sendiri. Tak terkecuali bangunan wisata museum Fatahillah Jakarta ini. Tak pernah lepas dari cerita mistis dan horor karena dulunya digunakan sebagai tempat pembantaian massal

Konon katanya bagian yang paling mengerikan dari museum Fatahillah barakah di ruang bawah tanah. Bahkan ada yang mengatakan jika di ruang tersebut ada penampakan bayangan hitam. Kemudian bayangan Noni Belanda dan anak kecil.

Tak hanya itu, museum Fatahillah juga menerapkan larangan untuk tidak membuat keributan dan jangan berkata kasar. Terlepas dari benar atau tidaknya penampakan tersebut, ada baiknya Anda menjaga sikap agar aman.

Demikianlah informasi seputar wisata museum Fatahillah di Jakarta yang wajib Anda kunjungi. Merupakan wisata bersejarah, jadi tak ada salahnya berkunjung ke museum Fatahillah untuk menambah ilmu pengetahuan.

Oleh: Hariliburnasional

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments