Thursday, July 18, 2024
HomeWisata FaunaYuk Lihat Langsung Keanekaragaman Fauna Di Wisata Fauna di Aceh

Yuk Lihat Langsung Keanekaragaman Fauna Di Wisata Fauna di Aceh

Terdapat 4 lokasi wisata fauna di Aceh yang bisa dikunjungi untuk pengalaman seru. Aceh yang dikenal dengan keindahan alamnya, pantai dan air terjun hingga pegunungan menyimpan banyak jenis fauna.

Tempat-tempat wisata fauna di Aceh

Selain terkenal dengan sejarahnya, fauna yang ditemukan di Aceh juga beragam. Nah, berikut objek wisata fauna yang bisa dikunjungi di Aceh:

1. Taman Safari Gunung Putih Lestari GPL

Berada di Kuta Cot Glie, Aceh besar mengoleksi beragam jenis hewan , bahkan burung terbesar di dunia juga terdapat di taman ini. Hewan yang dikoleksi mulai dari hewan lokal hingga hewan luar negeri. Ada burung unta, burung kasuari, burung rhea, burung merak, domba merino dan kambing batu. Taman ini juga difungsikan sebagai area konservasi.

2. Taman Nasional Gunung Leuser

Berada di kabupaten Gayo Lues diperkirakan mengoleksi kurang lebih 89 jenis hewan langka. Mulai dari orang utan, badak Sumatera,  gajah dan harimau Sumatera, beruang madu dan rusa sambar. Juga ada rangkong papan, siamang dan ajag.

Fauna dari jenis reptil ada ular yang berbisa dan buaya sedangkan dari jenis ikan ada ikan endemik  seperti ikan jurung serta ada serangga berupa kupu-kupu. Taman ini juga dimanfaatkan sebagai lokasi konservasi yang dihuni oleh kambing sumba,  itik liar, macan akar dan tapir. Pengunjung pun bisa bertemu dengan kera ekor panjang, kelinci hutan dan Bangka ungko.

3. Pusat Latihan Gajah Saree

Bagi para pecinta gajah atau yang belum pernah melihat gajah dari jarak dekat, kini langsung saja kunjungi pusat latihan gajah yang ada di saree. Fasilitas atau wahana yang bisa dinikmati pengunjung mulai dari memberi makan gajah, menikmati pelatihan gajah serta mendapat informasi seluk beluk hewan satu ini. Pengunjung diizinkan memberi makan gajah berupa pisang wak(dalam bahasa Aceh). Gajah yang ada di sini dilatih agar dapat menghalau gajah liar yang berusaha masuk ke  lokasi pedesaan, sehingga hubungan antara gajah dengan manusia sudah terjalin dengan baik.

4. Bur Mulo Forest Park

Berada di Kabupaten Aceh Tengah menyediakan sekitar 91 jenis burung endemik dan yang non endemik. Juga tersedia tupai terbang dan lutung kedih. Sebanyak 14 burung endemik Sumatera  yang ada di kawasan ini berstatus dilindungi. Kawasan ini memang masih tergolong baru di Aceh namun kini sudah dibuka untuk dikunjungi secara umum. Berbagai burung dengan jenis yang beragam, warna bulu yang indah dengan suara yang khas bisa dinikmati saat berkunjung ke daerah ini.

Nah, inilah 4 objek wisata fauna di Aceh yang bisa dinikmati dan sangat harus dikunjungi khususnya masyarakat lokal Aceh sebelum berkunjung ke objek wisata luar Aceh.

Oleh: hariliburnasional.com

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments