Thursday, June 13, 2024
HomeResep MasakanKacang Telur Sebagai Snack Andalan Hari Raya

Kacang Telur Sebagai Snack Andalan Hari Raya

kacang-telur

Pada hari raya idul fitri atau biasa disebut hari lebaran, di setiap rumah pasti anda akan menemukan beraneka ragam snack atau makanan ringan. Biasanya makanan ringan berupa kacang telur tidak hanya disediakan sebagai snack andalan hari raya untuk menjamu tamu yang datang ke rumah. Akan tetapi makanan ringan juga dibuat untuk menemani refreshing ke pantai. Biasanya sehari atau dua hari bahkan seminggu setelah lebaran orang-orang berbondong-bondong pergi ziarah ke makam para kyai dan Setelah pulang berziarah dari makam, mereka menuju ke tempat-tempat wisata seperti pantai, air terjun dan disana pasti mereka membawa cemilan yang dibuat untuk menemaninya sambil melihat pemandangan sekitar pantai. Makanan ringan yang paling enak menemani anda di pinggir pantai adalah kacang telur.

Kacang telur adalah salah satu cemilan pavorit dikarenakan rasanya yang gurih dan lezat. Namun, bagi anda yang belum mengetahui proses pembuatan makanan ringan tersebut, maka anda harus menyimak ulasan berikut ini. Tapi, Sebelumnya anda harus mempersiapkan peralatan dan apa saja bahan-bahan yang digunakan seperti:

  1. Biji Kacang tanah 1 kg
  2. Telur 4 butir
  3. Air Santan secukupnya
  4. Tepung Terigu 1 kg
  5. Tepung tapioka ½ kg
  6. Garam 2 sendok makan
  7. Bawang putih 4 siung
  8. Gula pasir ¼ kg
  9. Minyak Goreng 2 kg

Cara mengolah kacang telur yaitu:

  1. Anda harus memilih biji kacang yang bagus untuk menghasilkan cita rasa enak pada kacang telur
  2. Tepung tapioka dipadu menjadi satu dengan tepung terigu, telur serta santan, garam, bawang putih dan gula pasir
  3. Kacang tersebut dimasukkan ke dalam adonan tepung dan dibuat bulat kecil-kecil
  4. Jika sudah selesai terbentuk menjadi bulat-bulat, maka saatnya untuk menyelamkannya ke dalam minyak yang sudah dipanaskan pada penggorengan.
  5. Jika sudah matang, maka anda harus siap-siap untuk mengangkatnya dari penggorengan lalu ditiris.

Proses pembuatan kacang telur sangatlah gampang, namun kesulitannya terletak pada saat menggoreng. Jangan sampai kacang telur yang anda buat gosong, karena jika gosong maka kacang telur tersebut bakalan mubadzir. Oleh karena itu, anda harus memperhatikan nyala apinya supaya pembuatan kacang telur pas dan renyah. Kacang telur banyak variasinya, namun, yang dibahas disini adalah kacang telur biasa yang biasa disajikan sebagai snack untuk acara-acara penting seperti lebaran, mauled nabi dan lain-lain.

Berlebaran ditemani kacang telur memang sangat menyenangkan, makanan ringan yang satu ini sangat cocok juga untuk menghiasi hidangkan setelah pulang shalat tarawih. Semoga informasi mengenai pembuatan makanan ringan diatas dapat bermanfaat terutama bagi pembacanya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments