Monday, June 24, 2024
HomeDestinasi WisataPanduan Wisata Rute Ke Kepulauan Derawan

Panduan Wisata Rute Ke Kepulauan Derawan

Rute Ke Kepulauan Derawan memiliki pesona yang indah dan menawan dengan keindahan lautan yang menakjubkan. Jika dilihat dalam gugus pulau tersebut ada juga pulau Kakaban, Maratua, dan Sangalaki yang tak kalah mempesonanya dari Derawan. Ada banyak wisatawan yang datang mengunjungi kepulauan ini demi menyaksikan keindahan alam yang disuguhkan di sana.

Rute Menuju Derawan dari Udara Maupun Darat

Ada beberapa cara untuk mencapai kepulau yang berada di Kalimantan Timur ini, diantaranya:

  1. Lewat udara

Jika ingin lewat jalur udara ada banyak sekali penerbangan menuju Balikpapan, setelah sampai di sini bisa menggunakan dua jalur berbeda yakni Berau atau Tarakan.

  • Berau

Maskapai penerbangan yang melayani rute Balikpapan menuju Berau ada banyak sekali, dan biasanya adalah maskapai yang sudah biasa kamu dengan namanya. Sebaiknya pilihlah waktu terbaik untuk bisa mendapatkan harga tiket yang murah.

Memilih jalur menuju Derawan dengan lewat Berau memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Backpacker ke Derawan yang ingin cepat biasanya melewati jalur ini, karena waktu tempuhnya yang lebih cepat. Biasanya jika lewat Berau para wisatawan akan dimudahkan karena ada banyak mobil travel yang menuju Tanjung Batu dan dari situ naik speedboat menuju kepulauan Derawan.

  • Tarakan

Jalur ini bisa dikatakan lebih murah dibandingkan melewati Berau, terlebih jika berangkat secara rombongan. Namun yang menjadi kekurangannya adalah melaui tarakan tidak tersedia speedboad umum ataupun reguler, sehingga harus menyewa sendiri. Hal inilah yang membuat para wisatawan low budget untuk berpikir ulang melewati jalur Tarakan ini.

2. Jalur Darat

Waktu terbaik ke Derawan bisa kamu lewati dengan melalui jalur darat. Jika sudah berada di Kalimantan bisa lewat dari Palangkaraya menuju ke kota Banjarmasin. Kemudian dilanjutkan ke kota Samarinda menuju Tanjung Redeb, jika sudah tiba maka perjalananmu akan diteruskan kembali ke Tanjung Batu. Sesampainya di Tanjung Batu kalian bisa menaiki speedboat agar bisa sampai ke Pulau Derawan.

Biaya yang dibutuhkan dalam perjalanan darat menuju Derawan sendiri bervariasi, tergantung dari transportasi apa yang digunakan. Jika seluruh rute dan perjalanan menggunakan travel maka diperkirakan biaya yang habis sekitar 450.000 rupiah. Oleh sebab itu biaya perjalanan darat ini harus dipikirkan secara matang.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pulau Derawan

Rute Ke Kepulauan Derawan memang bervariasi, dan bisa dikatakan cukup melelahkan. Namun semuanya itu akan terbayar dengan keindahan dari pulau derawan. Di sini kamu bisa menikmati wisata air maupun bawah laut. Bentang alam yang indah serta dihiasi oleh pemandangan air yang memanjakan maya, membuat kamu akan betah lama-lama di sini. Selain itu kamu juga bisa mengunjungi pulau lainnya menggunakan speedboat. Aktivitas lain yang bisa kamu lakukan adalah berenang, diving, snorkeling, dan melihat penyu laut.

 

Oleh: hariliburnasional.com

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments