Wednesday, June 19, 2024
HomeDestinasi WisataPantai Sumur Tiga Sabang Primadona Pantai di Aceh

Pantai Sumur Tiga Sabang Primadona Pantai di Aceh

Pantai Sumur Tiga Sabang merupakan salah satu primadona wisata pantai di Sabang. Pesona keindahannya tidak kalah elok dari ratusan pantai lain yang ada di Indonesia, entah pantai di Pulau Jawa, Sulawesi, Kalimantan bahkan Papua. Apa yang membedakan Pantai Sumur Tiga dengan pantai Aceh lainnya?

Tentang Pantai Sumur Tiga Sabang

Tahukah Anda apa alasan yang melatarbelakangi penamaan Pantai Sumur 3? Sengaja disebut Pantai Sumur Tiga karena di pinggiran pantai ditemukan 3 sumur yang usianya lebih dari puluhan tahun.

Meskipun berada di dekat pantai, menariknya sumur tersebut mengeluarkan air tawar bukannya air asin. Sayangnya, sumur tersebut sudah lama tidak mengeluarkan air sehingga diubah fungsinya menjadi benda peninggalan sejarah.

Akses/ lokasi Pantai Sumur Tiga

Temukan Pantai Sumur 3 Sabang di Kecamatan Le Meulee Desa Sukajaya, Sabang. Anda yang kebetulan berlabur di Pelabuhan Balohan Sabang bisa menjangkau wisata pantai ini selama 20 menit berkendara.

Jarak tempuh pantai bahkan lebih dekat bila Anda berkendara dari jantung kota Sabang, cukup 10 menit perjalanan. Tempat ini bisa Anda tuju terlebih dahulu sebelum mengunjungi tempat wisata Sabang lainnya.

Kegiatan menarik yang bisa dilakukan

  1. Diving dan snorkeling

Pantai Sumur Tiga memiliki air biru tosca yang sangat jernih, cocok bagi penggemar snorkeling atau diving. Anda bisa sewa peralatannya di tempat penyewaan bahkan menyewa perahu.

Temukan spot diving terbaik untuk menyaksikan ikan-ikan menari di dalam air juga terumbu karang yang eksotis. Agar pengalaman snorkeling dan diving terasa lebih menyenangkan dan aman, berkunjunglah di sore hari. Sore hari ombak pantai cukup ramah untuk penyelam.

2. Memancing dan berjemur

Kegiatan lainnya yang bisa Anda lakukan ketika sewa perahu adalah memancing. Aktivitas ini cukup banyak disukai oleh warga sekitar maupun turis domestik. Jika beruntung, Anda akan bertemu banyak orang yang memancing dan mendapatkan beberapa ikan. Jika lebih suka menikmati Pantai Sumur Tiga Aceh tanpa melakukan aktivitas apa pun. Anda dianjurkan untuk berjemur. Agar kulit tidak gosong, pastikan sudah menggunakan sunblock.

3. Menikmati sunrise atau sunset

Pemandangan sunrise dan sunset di Pantai Sumur Tiga termasuk pemandangan indah yang langka. Hanya bisa dinikmati oleh mereka yang telah berkunjung ke sana.

Anda yang suka hunting foto sunrise dan sunset bisa mengunjungi pantai ini di jam-jam yang tepat. Sambil menunggu matahari, lakukan berbagai kegiatan menarik atau jelajahi pantai untuk hunting foto lainnya.

4. Menjelajahi situs bersejarah

Wisata lainnya yang bisa Anda temukan di sini adalah keberadaan sisa-sisa peninggalan bersejarah. Seperti sumur tua atau benteng. Yang letaknya bisa ditemukan dengan mudah di kompleks pantai.

Konon benteng yang ada di Pantai Sumur Tiga merupakan benteng pertahanan militer Jepang. Benteng tersebut digunakan Jepang saat meletusnya Perang Dunia Ke-2.

Fasilitas

Pantai ini dirawat cukup baik terbukti dari banyaknya fasilitas yang tersedia. Seperti keberadaan restoran, area penginapan, tempat parkir luas, warung makan sederhana hingga kamar mandi.

Anda yang hobi memancing, snorkeling maupun diving juga bisa mendapatkan perlengkapan yang dibutuhkan. Banyak warga sekitar yang menyewakan peralatan tersebut.

Itulah ulasan mengenai Pantai Sumur Tiga Sabang, Anda yang ingin liburan ke Sabang wajib mengunjunginya. Temukan hal-hal menarik di pantai tersebut yang tidak bisa didapatkan dengan mudah di pantai lain.

Oleh: hariliburnasional.com

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments