Wednesday, June 19, 2024
HomeDestinasi WisataRute ke candi Borobudur dari Malioboro dengan Kendaraan Umum

Rute ke candi Borobudur dari Malioboro dengan Kendaraan Umum

Rute ke candi Borobudur dari Malioboro bisa juga menggunakan kendaraan umum. Walaupun ada banyak travel agen yang menawarkan perjalanan menuju Candi Borobudur, tapi apa salahnya jika kita memakai kendaraan umum yang jauh lebih murah. Jika kamu menggunakan kendaraan umum bisa juga dengan melalui rute dari Malioboro.

Pesona Candi Borobudur

Borobudur sendiri merupakan Candi peninggalan Buddha terbesar di Indonesia. Candi ini memiliki 1460 relief serta 504 stupa yang megah. Pembangunan Borobudur dilakukan adalah Raja Samaratungga dari Kerajaan Mataram Kuno. Bentuk dari candi ini seperti punden berundak atau bertangga-tangga dengan 10 tingkat dan mencapai tinggi 42 meter.

Pada tiap tingkat candi ini melambangkan tahapan kehidupan manusia yang sudah banyak diulas dalam buku sejarah. Oleh sebab itu kamu yang berwisata ke Borobudur akan mendapatkan banyak edukasi sejarah.

Rute ke candi Borobudur dari Malioboro

Jika kamu berangkat dari Malioboro maka bisa naik Trans Jogja menuju ke terminal Jombor. Biasanya kita hanya perlu menunggu di halte Malioboro 1 atau 2, dari situ petugas akan mengarahkan. Jadi kamu tidak perlu takut jika ketinggalan bus menuju Borobudur. Travel ke Borobudur melewati terminal Jombor dan dilanjutkan menuju terminal Borobudur.

Perjalanan menuju Borobudur sendiri cukup nyaman, karena kita akan naik bis yang terawat dan melaju mulus. Menuju terminal Borobudur kamu akan naik bus dengan biaya 20.000 rupiah saja setiap orangnya. Harga tersebut cukup murah mengingat bus yang dinaiki kelas ekonomi. Namun bisa juga kamu dari Malioboro ke Borobudur naik motor, jika ingin alternatif lain.

Setelah sampai di terminal Borobudur kamu akan menjumpai banyak delman dan becak. Jika kamu naik delman maka biayanya yang dikeluarkan adalah 15.000 rupiah, dan kamu akan tiba di candi Borobudur yang megah. Jika kamu sudah merasa cukup lelah karena perjalanan panjang, di sekitar Borobudur ada banyak berdiri warung yang menyediakan banyak jajanan.

Fasilitas yang Ada di Candi Borobudur

Selain menikmati pemandangan candi, kamu juga bisa menyewa sepeda sambil berkeliling candi. Harga sewa sepeda cukup murah antara 20.000 sampai 30.000 rupiah saja untuk 10 jam. Sehingga kamu bisa berkeliling areal candi dengan puas. Sementara itu ada fasilitas lain berupa andong yang bisa dinaiki 4 orang sekaligus. Kereta kelinci yang menggemaskan dan cocok bagi anak kecil juga tersedia dengan harga 5.000 setiap orang dalam satu kali putaran. Dan yang terakhir ada taman wisata dekat candi yang luas dan cocok untuk beristirahat.

Harga Tiket Masuk

Rute ke candi Borobudur dari Malioboro cukup mudah dan harganya juga murah. Begitupun juga untuk tiket masuk ke Candi Borobudur, harganya terjangkau. Untuk wisatawan dalam negeri umur 6 tahun ke atas harga tiketnya sekitar 30.000 rupiah setiap orang. Sementara untuk anak-anak di bawah 6 tahun harga tiket per orangnya adalah 12.500 rupiah.

 

Oleh: hariliburnasional.com

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments