Wednesday, June 19, 2024
HomeDestinasi WisataRute ke Pulau Kanawa

Rute ke Pulau Kanawa

Rute ke pulau kanawa terbagi ke atas beberapa pilihan yaitu bisa melalui jalur darat, jalur udara bahkan jalur laut. Berikut penjelasannya.

Rute ke Pulau Kanawa dari Pulau Bali

Rute pertama yang sangat efektif yaitu dari pulau Bali. Pulau kanawa ini berada di Flores, Nusa Tenggara Timur dengan jarak sekitar 10 km dari Labuhan Bajo. Sehingga untuk bisa tiba di sana lebih baik melalui rute ke Labuhan Bajo dari Pulau Bali bahkan bisa menghemat pengeluaran. Langkah yang harus dilakukan ialah dengan transit di Lombok ataupun pulau Bali sebelum memlih alternatif lain. Selanjutnya dari pulau Bali, ada tiga pilihan transportasi yang menuju ke Labuhan Bajo yaitu melalui jalur darat, udara atau jalur laut.

1. Melalui Jalur darat

Agar bisa sampai di tempat tujuan dengan keindahan alamnya itu maka rute menuju pulau kanawa labuhan bajo melalui jalur darat bisa menggunakan bus. Namun, perlu diketahui bahwa, dengan menggunakan bus ini bisa menghabiskan waktu beberapa hari hingga tiba di labuhan bajo. Meskipun begitu, perjalanan yang ditempuh memang menantang sehingga menyajikan pengalaman seru selama perjalanan. Pilihlah bus yang tujuannya Sumbawa besar dari terminal Ubung, Bali dengan biaya sekitar Rp 250.000 hingga Rp 300.000, ini sudah termasuk uang makan.

Ketika tiba di Sumbawa Besar, langkah selanjutnya ialah dengan menumpang mobil travel dengan biaya yang tidak sampai Rp 200.000 untuk menuju ke ibukota Bima. Namun, bagi yang ingin lebih murah pengeluarannya maka bisa menumpang bis daerah dengan biaya sekitar Rp 20.000. kemudian teruskan perjalanan dengan bantuan kapal Ferry agar bisa tiba di Labuhan Bajo dengan baiay sekitar Rp 60.000.

2. Melalui jalur udara

Jalur udara adalah jalur yang sangat efektif untuk mengunjungi labuhan bajo dikarenakan tersedia beberapa penerbangan yang akan membawa pengunjung ke labuhan bajo. Ada penerbangan Wins, ada penerbangan NAM dan garuda yang akan mengantarkan penumpang langsung ke labuhan bajo dengan waktu sekitar 1,5 jam. Harga tiketnya juga tidak terlalu mahal yaitu sekitar Rp 800.000.

3. Melalui jalur laut

Backpakers ke pulau kanawa selanjutnya bisa dilakukan juga melalui jalur laut untuk terlebih dahulu tiba di Labuhan Bajo. Rute dimulai dari pelabuhan Benoa selanjutnya ada dua kapal yang nantinya melayani siapapun yang ingin ke Labuhan bajo yaitu menggunakan KM Wilis atau Tilongkabila. Biaya yang dikeluarkan sekaligus mencakup makan malam, pagi dan siang sekitar Rp 240.000 dengan waktu yang dihabiskan sekitar 36 hingga 37 jam dan akhirnya tiba di Labuhan bajo.

Cara Menuju Pulau Kanawa

Setelah memilih dan mengikuti salah satu jalur di atas hingga tiba di labuhan bajo, maka langkah selanjutnya ialah memanfaatkan kapal lebih kecil untuk bisa melanjutkan perjalanan. Kapal ini tersedia dengan dua tarif yaitu tarif sewa dan tarif gratis. Kapal yang gratis yaitu shuttle boat gratis di mana penyedianya ialah pengelola resort Kanawa Beach Bungalows dari Labuhan Bajo. Namun, harus melakukan reservasi dari awal.

Namun bagi yang tidak ingin menginap, bisa memilih shuttle boat dengan biaya sekitar Rp 400.000 hingga Rp 500.000 tiap perjalanan. Untuk mengurangi biaya, bisa patungan dengan wisatawan lainnya. Rute ke pulau kanawa  dari labuhan bajo ini menghabiskan waktu sekitar 2 jam.

Oleh: hariliburnasional.com

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments