Wednesday, June 19, 2024
HomeDestinasi WisataRute Menuju Tebing Breksi

Rute Menuju Tebing Breksi

Rute menuju tebing breksi sebagai spot wisata yang jika dilihat sekilas mirip dengan brown canyon namun pengunjung akan tahu perbedaannya jika naik ke puncak tebing ini. Dari tempat ini pengunjung akan dapat melihat pemandangan di sekitar kota jogja termasuk merapi dan berbagai candi yang tersebar di daerah ini. Pada Mei 2015 setelah ditandatangani prasasti oleh Sultan HBX maka taman tebing breksi diklaim sebagai lokasi cagar budaya. Sebenarnya pertama kali, lokasi ini merupakan tambang yang dimanfaatkan oleh penduduk sekitar untuk mencari nafkah. Namun setelah itu ada banyak wisatawan ke tempat ini karena sudah digunakan sebagai objek wisata.

Lokasi, Harga Tiket, dan Jam Operasi

Spot wisata yang menarik  sekaligus unik ini berada di Dusun Groyokan dalam kelurahan Sambirejo di kecamatan Prambanan daerah kabupaten Sleman di Yogyakarta. Spot wisata terletak dekat dengan Candi ijo yang diklaim sebagai candi tertinggi di Yogyakarta. Pengunjung bisa masuk ke tempat wisata ini tanpa membayar tiket karena belum ada ketetapannya berapa yang harus dibayarkan sebagai biaya masuk.

Untuk jam bukanya dimulai jam 05.00 hingga jam 18.00. Bagi yang ingin menikmati indahnya pemandangan sunrise dari puncak tebing, maka kunjungilah tempat ini pada jam 05.00. Namun untuk menikmati sunset tentu saja harus datang di sore hari. Perlu diketahui juga bahwa ada waktu ideal untuk mengunjungi tempat ini yaitu pada pagi dan sore hari. Lebih baik jangan ke sini saat siang hari karena biasanya ketika siang hari udaranya sangat panas ditambah pada spot tebing ini tidak banyak ditumbuhi tumbuhan dan berada di alam terbuka. Namun bagi yang ngotot datang di siang hari sebaiknya membawa payung.

Rute Menuju Tebing Breksi dengan Cara Mudah

Bagi yang belum pernah ke sini dan masih kebingungan dengan rutenya, maka pengunjung bisa mengikuti cara mudah menuju tebing breksi. Pertama arahkan kendaraan arah menuju Candi Prambanan, selanjutnya berhenti di pertigaan pasar Prambanan. Belok kanan dan pilih arah menuju Piyangan. Jarak yang harus di tempuh untuk tiba di tebing breksi dari pasar ini kurang lebih 3km.

Selanjutnya ikuti saja arah menuju candi ijo hingga kembali mendapati pertigaan sebelum adanya SDN Sambirejo. Ketika menemukan pertigaan ini, pilih belok kiri kemudian lanjutkan perjalanan sejauh kurang lebih 1km dengan menempuh jalan yang sebenarnya agak kurang bagus kondisinya.

Tarif parkir dan fasilitas yang tersedia

Spot wisata tanpa membayar tiket masuk namun dikenakan biaya parkir yaitu Rp2000 untuk kendaraan roda dua dan Rp5000 bagi yang membawa mobil atau kendaraan roda empat lainnya. Fasilitas yang disediakan di spot wisata tebing ini masih sederhana, hanya ada tempat parkir, toilet, panggung pertunjukan, serta area off road. Sehingga sebelum sampai di tempat ini, sebaiknya siapkan persediaan makanan terusnya. Bisa jadi untuk kedepannya rute menuju tebing breksi sebagai spot wisata ini akan dikembangkan dengan fasilitas lain yang lebih komplit.

Oleh: hariliburnasional.com

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments