Thursday, June 13, 2024
HomeDestinasi WisataRute Menuju The Caldera

Rute Menuju The Caldera

Rute menuju The Caldera, salah satu spot wisata baru berada di kawasan Danau Toba ini terbagi menjadi 3 rute yang bisa ditempuh. Perlu diketahui bahwa daerah wisata ini didesain dengan konsep nomadic tourism atau juga dikenal dengan amenitas wisata sekaligus dengan fasilitas pendukung. Juga tersedia Kaldera Ampiteathre yang bisa memuat sebanyak 250 orang. Selain itu juga ada Kaldera Hill dan Kaldera Plaza serta Kaldera stage.

The caldera ini sengaja dibuat untuk generasi millennial masa kini dan keluarga. Tidak hanya itu, the caldera juga menerima kunjungan dari wisatawan asing dan mancanegara misalnya dari Malaysia, Eropa dan berbagai negara lainnya. Destinasi wisata baru ini berada di Lahan Zona Otorita Pariwisata Danau Toba, Sibisa. Selain ada beberapa kaldera yang sudah disebutkan di atas,  juga ada fasilitas Helipad yang dikhususkan bagi tamu VIP.

Rute Menuju The Caldera

Lokasi spot wisata ini bisa dikatakan strategis untuk spot wisata karena tidak terlalu jauh dari pusat kota. Perjalanan ke the caldera toba ini bisa dilakukan melalui 3 rute, yaitu:

1. Rute Bandara Silangit

Bagi yang ingin berkunjung ke the caldera dan sudah berada di daerah Bandara Silangit yang terletak di daerah Siborong-borong dalam kabupaten di Tapanuli Utara. Waktu yang harus di tempuh dari bandara ini kurang lebih 2 jam. Namun bagi yang sebelumnya belum mempersiapkan transportasi, maka coba untuk naik Damri Bandara ataupun transportasi lain yang disediakan di sekitaran Bandara Silangit.

2. Rute Bandara Sibisa

Rute menuju the caldera selanjutnya yang bisa digunakan oleh wisatawan ialah melalui bandara Sibisa yang berada di Ajibata tepatnya daerah kabupaten di Toba Samosir. Nah, dari bandara ini teruskan perjalanan yang jaraknya membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk menuju ke The Caldera. Namun, bandara Sibisa saat ini masih dikembangkan sehingga belum dapat melayani jadwal penerbangan yang berasal dari Jakarta, Medan dan juga luar negeri. Spot wisata satu ini akan memanjakan pengunjung dengan pemandangan yang mempesona dan mengagumkan. Pengunjung akan disuguhkan dengan keindahan Desa Wisata di Sigapiton yang terletak di bawah lembah The Caldera.

3. Rute Medan

Rute terakhir diperuntukkan bagi wisatawan yang berasal dari Medan dan sekitarnya. Cara menuju ke the caldera dari Medan dengan cara pilih jalan Lintas Tengah Sumatera hingga tiba di kota Wisata Prapat. Lanjutkan perjalanan ke desa Pardamean di Sibisa dalam kecamatan  di Ajibata area kabupaten di Toba Samosir yang menghabiskan waktu kurang lebih 20 menit

Melalui The Caldera akan terlihat desa wisata Sigapiton yang indah yang diapit oleh dua bukit di bagian kiri dan satu bukit lagi di bagian kanan. Selajutnya diperkirakan kawasan wisata ini akan diintegrasikan denganĀ  Toba Caldera Reserve, Sibisa Airport dan Desa Wisata Sigapiton. Itulah 3 rute menuju The Caldera yang bisa dijadikan pedoman atau penunjuk arah saat akan berkunjung ke The Caldera, spot wisata millennial. Selamat berkunjung.

Oleh: hariliburnasional.com

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments