Saturday, June 15, 2024
HomeDestinasi WisataWisata Alam Bogor dengan 10 Ribu Lebih Koleksi

Wisata Alam Bogor dengan 10 Ribu Lebih Koleksi

Ada banyak sekali wisata alam Bogor yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga. Salah satunya adalah kebun raya Bogor. Genap berusia 200 tahun pada tahun 2017 yang lalu. Hingga saat ini kebun raya Bogor masih menjadi tempat wisata favorit bagi warga Bogor dan sekitarnya.

7 Hal istimewa di wisata Alam Bogor

1. Memiliki 10 ribu lebih koleksi

Kebun raya Bogor adalah salah satu lebih raya terlengkap dan terbesar di dunia. Bahkan tercatat pada LIPI jika kebun raya Bogor saat ini sudah memiliki 12.531 koleksi.

Semua koleksi tersebut dikelompokkan ke dalam 1.210 jenis, 214 suku, serta 3.228 jenis. Tak heran apabila destinasi wisatawan alam Bogoryang satu ini banyak dijadikan sebagai tempat destinasi favorit.

2. Sebagai tempat penemuan hormon penting

Ada yang menyebutkan jika kawasan kebun raya Bogor menjadi tempat penemuan hormon penting untuk pertumbuhan tanaman. Bahkan yang menemukan hormon tersebut adalah ilmuwan Boysen Jensen dan Hans Fitting.

Akibat dari penemuan kedua ilmuwan ini kawasan kebun raya Bogor mampu mendorong perkembangan dunia pertanian bahkan di seluruh dunia.

3. Tempat spesies Rafflesia pertama

Jenis Rafflesia Padma adalah jenis Rafflesia pertama yang berhasil ditemukan dan dikembangkan di kawasan kebun raya Bogor. Spesies Rafflesia ini berhasil dikembangkan berkat peneliti Sofi Mursidawati bersama para timnya.

Menjadi orang-orang pertama yang berhasil membesarkan bunga dengan aroma tak sedap tersebut. Keberhasilan yang mereka dapat tentunya tidaklah mudah, terlebih lagi proses penyerbukan bunga Rafflesia sangatlah sulit.

4. Terkenal di Korea

Jika di Indonesia Korea terkenal akan drama dan boyband-nya. Maka Indonesia di mata Korea terkenal karena bunga bangkai Titan Arum. Kembali memegang peran, Sofi Mursidawati bahkan membawa koleksi bunga bangkai Titan Arum menuju ke Korea.

5. Mendorong perkembangan sains

Kebun raya Bogor bisa dikatakan sebagai institusi yang mampu mendorong perkembangan sains di Indonesia. Hadirnya kebun raya ini mampu mendorong kegiatan pembibitan dan penanaman. Di Indonesia pun kegiatan tersebut sedang berlangsung. Dengan ini diharapkan jika bidang kedokteran dan sains lainnya akan terus maju dan berkembang.

6. Tempat anggrek terbesar di dunia

Salah satu hal yang paling menarik dari kebun raya Bogor adalah koleksi anggrek terbesar di dunia. Bahkan jenis anggrek harimau ini masuk ke dalam daftar Guinness Book of Record sebagai tanaman tertinggi di dunia.

Dengan tinggi mencapai 7,5 meter, bunga anggrek raksasa ini mampu menarik banyak perhatian pengunjung. Baik dari luar maupun dalam negeri. Bahkan harga tiket masuk yang ditawarkan oleh taman wisata alam Bogor yang satu ini sangatlah terjangkau.

7. Pohon leci berumur 194 tahun

Selain anggrek raksasa, kebun raya Bogor juga menyimpan pohon leci dengan umur 194 tahun. Bahkan sampai saat ini pohon leci tersebut masih hidup. Menjadi saksi bisu atas perkembangan kebun raya dan Indonesia, pohon leci ini dulunya didatangkan dari Tiongkok.

Kebun raya Bogor merupakan tempat wisata alam Bogor yang wajib untuk didatangi. Saat mendatangi kawasan tersebut, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Serta jangan mencabuti tanaman-tanaman yang ada di sana.

Oleh: Hariliburnasional

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments