Wednesday, June 19, 2024
HomeDestinasi WisataYuk Mengintip Indahnya Triangle Diamonds Di Banyuwangi

Yuk Mengintip Indahnya Triangle Diamonds Di Banyuwangi

 

Wisata Banyuwangi
sumber: google.co.id

Saat mendengar kata-kata Triangle Diamond pasti yang ada dipikiran kita adalah model sebuah perhiasan. Eh ternyata dugaan kita salah, terus apa sich sebenarnya Triangle Diamond? Mau tahu kan,, yuk simak sedikit penjelasan tentang istilah tersebut yang akan saya bahas disini. Dan ternyata, Triangle Diamond adalah istilah tentang tiga tempat wisata unggulan di Banyuwangi Jawa Timur yang apabila ditarik garis lurus, ketiga tempat wisata tersebut akan membentuk bangun segitiga. Ketiga wisata Banyuwangi itu adalah Gunung Ijen/ Kawah Ijen, Pantai Sukamade, dan Pantai Plengkung.

Tempat wisata alam seperti ini patut dibanggakan, karena wisata Banyuwangi yang seperti ini tidak akan ditemukan di daerah atau tempat lain. Nah, untuk kesempatan kali ini saya akan membahas satu persatu dari ketiga tempat wisata yang mengagumkan di Banyuwangi. Yang pertama adalah Kawah Ijen yang berada di daerah Gunung Ijen di ketinggian 2.386 m dpl. Kawah ijen juga merupakan kawah terbesar di pulau Jawa dengan ukuran sekitar 960 x 600 meter dan ketinggian permukaan air danau kurang lebih 2140 m dpl dengan bentuknya yang ellips dan kedalaman 200 m.

Tempat wisata Banyuwangi yaitu Kawah Ijen merupakan kawah terasam di dunia dengan ph 0,5. Kawah belerang mengandung sekitar 36 juta meter kubik air asam beruap dengan kedalaman 200 meter dan diselimuti kabut berbau belerang. Banyak macam dan warna batu belerang yang ada di Kawah Ijen tersebut. Jika mengunjungi kawah tersebut, anda juga akan menjumpai para penambang batu belerang yang jumlahnya cukup banyak. Bagi anda yang ingin mendaki ke Kawah Ijen, anda juga akan melewati sebuah Pondok Bunder yang berguna untuk mengukur curah hujan. Dan disekitar Bunder, anda dapat melihat pemandangan yang sangat indah. Karena disana merupakan kaldera yang banyak ditemui berbagai macam burung.

Wisata Banyuwangi Lain yang Merupakan Triangle Diamonds

Wisata Banyuwangi lain yang merupakan Tiangle Diamonds adalah Pantai Sukamade dan Pantai Plengkung. Kedua pantai ini tak kalah indah dengan Kawah Ijen. Hanya saja menyajikan pemandangan yang jauh berbeda dengan pemandangan di pegunungan. Untuk Pantai Sukamade berada di arah Barat Daya kota Banyuwangi yang berjarak kira-kira 97km. Pantai Sukamade merupakan hutan lindung dan juga penangkaran penyu. Jika anda ingin melihat bagaimana dan kapan penyu berada di pantai atau bertelur, sebaiknya anda melakukan perjalanan malam sekitar jam 19.30 sampai jam 24.00.

Tak kalah menarik dengan Pantai Sukamade, wisata Banyuwangi yaitu Pantai Plengkung juga menawarkan keindahan pantainya terutama ombaknya yang sangat cocok bagi anda pecinta selancar. Kawasan ini juga sering disebut sebagai G-Land / Grajagan , karena bagi para wisatawan di sini merupakan surga bagi para peselancar. Ombak di Pantai Plengkung sangat besar dan sebaiknya dilakukan oleh peselancar profesional. G-Land dikelilingi oleh hutan hujan tropis yang begitu alami. Pantai Plengkung merupakan teluk yang sangat indah dan nyaman. Itulah beberapa tempat wisata alam di Banyuwangi yang patut untuk anda kunjungi.

sumber: https://hariliburnasional.com

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments