Wednesday, June 19, 2024
HomeDestinasi Wisata10 Destinasi Wisata Pacitan Bertema Alam yang Menenangkan

10 Destinasi Wisata Pacitan Bertema Alam yang Menenangkan

Pacitan merupakan sebuah kabupaten yang terletak di ujung barat Provinsi Jawa Timur. Kabupaten ini dikelilingi oleh perbukitan dan juga pantai yang sudah pasti bisa menjadi destinasi wisata Pacitan yang indah. Berikut adalah 10 tempat wisata menarik yang bisa Anda jumpai di Pacitan:

Destinasi wisata Pacitan yang bisa dikunjungi

1. Pantai Klayar

Salah satu tempat wisata yang menarik di Pacitan adalah pantai Klayar. Pantai ini terletak di Kecamatan Donorojo, sekitar 45 Km dari Kota Pacitan. Uniknya, di pantai ini dikenal terdapat seruling laut, yaitu suara yang dihasilkan dari ombak yang melewati celah dari batu karang besar seperti seruling.

2. Pantai Srau

Pantai ini berlokasi di Dusun Candi, Kecamatan Pringkulung, Pacitan yang berjarak kurang lebih 25 Km dari Kota Pacitan. Pantai ini memiliki pemandangan pasir putih yang bersih dan cocok untuk Anda yang ingin pergi ke pantai dengan suasana yang masih tenang dan sepi.

3. Pantai Banyu Tibo

Banyu tiobo dalam bahasa Jawa berarti air yang jatuh, dinamakan seperti itu karena pantai ini memiliki aliran air tawar yang jatuh ke laut layaknya air terjun. Oleh karena itu pantai ini bisa dibilang unik karena pertemuan air tawar dengan air laut. Pasir yang dimiliki juga putih bersih. Letaknya berada di Dusun Widoro, Kecamatan Donorejo Pacitan.

4. Pantai Watu Karung

Selanjutnya ada pantai bernama Watu Karung yang cocok untuk Anda yang ingin berselancar. Hal ini karena pantai ini memiliki ombak yang cukup besar yang bisa digunakan untuk berselancar. Anda juga bisa membeli ikan laut hasil tangkapan nelayan sekitar. Lokasinya berada di daerah Pringkungkung Pacitan.

5. Aliran Sungai Maron

Selain wisata pantai, ada juga wisata air tawar di Pacitan, yaitu wisata aliran Sungai Maron yang terletak di Desa Dersono, Pringkuku. Anda bisa menyewa perahu untuk menyusuri sungai. Sungai ini masih sangat bersih dan jernih karena juga digunakan sebagai sumber air tawar warga dan habitat ikan air tawar.

6. Curug Gringsing

Tempat wisata Pacitan juga ada air terjun bernama Curug Gringsing yang terletak di Desa Ploso, Kecamatan Tegalombo. Air terjun ini terletak di pegunungan dan dekat dengan perbatasan Ponorogo.

7. Gua Gong

Jika Anda bosan dengan wisata air, ada wisata Goa Gong yang terletak di Kecamatan Punung. Butuh waktu 1-2 jam untuk menelusuri semua bagian di gua dengan batuan yang indah ini.

8. Pantai Kunir

Selanjutnya ada pantai Kunir yang terbilang cukup unik karena pantai ini juga memiliki telaga air tawar di sisi timurnya. Letaknya yang berada agak jauh dari kota yaitu Kecamatan Sudimoro, menjadikan pantai ini juga kurang diketahui orang.

9. Hutan Pinus Gemaharjo

Jika Anda suka berfoto dengan latar belakang hutan, maka wisata Pacitan terbaru ini cocok untuk Anda. Lokasinya bertempat di Kecamatan Tegalombo, Pacitan.

10. Goa Tabuhan

Area wisata yang terakhir adalah Goa Gong. Dinamakan demikian karena stalagmit stalaktit yang ada di dalam gua ini dapat berbunyi seperti gamelan jika dipukul. Tempatnya ada di Kecamatan Punung, Pacitan di Jawa Timur.

Seru bukan kesepuluh destinasi wisata Pacitan di atas, akan lebih seru kalau Anda juga mengunjungi semuanya saat liburan.

Oleh: hariliburnasional.com

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments