Thursday, June 13, 2024
HomeDestinasi Wisata5 Daftar Museum di Jabodetabek yang Seru Buat Liburan

5 Daftar Museum di Jabodetabek yang Seru Buat Liburan

Mengunjungi museum di Jabodetabek merupakan salah satu aktivitas yang dapat memperkaya wawasan sejarah serta mengisi kekosongan di hari libur atau akhir pekan. Ada banyak museum yang bisa dikunjungi, tergantung dari jenis museum beserta koleksinya. Berikut beberapa museum yang bisa Anda coba kunjungi.

Rekomendasi Museum di Jabodetabek

  1. Museum Nasional

Museum Nasional, yang terletak di Jakarta Pusat, adalah salah satu museum di Jabodetabek terbesar dan tertua di Indonesia. Museum ini didirikan pada tahun 1778 dan menampilkan koleksi yang mencakup berbagai artefak budaya dan sejarah dari seluruh nusantara.

Pengunjung dapat menemukan keramik, arca, tekstil, senjata, dan benda-benda bersejarah lainnya yang menggambarkan peradaban Indonesia. Untuk biaya masuknya sendiri sekitar Rp2.000 – Rp5.000. Sementara jam operasional dimulai dari hari Selasa – Minggu pukul 09.00 – 15.00 WIB.

  1. Museum Sejarah Jakarta/Fatahillah

Terletak di Kota Tua, Museum Sejarah Jakarta atau dikenal juga dengan nama Fatahillah Museum, merupakan museum yang menampilkan sejarah perkembangan kota Jakarta. Bangunan museum ini sendiri memiliki nilai sejarah yang tinggi karena dulunya merupakan Gedung Batavia yang dibangun pada abad ke-17 oleh pemerintahan Belanda.

Di dalamnya, pengunjung dapat melihat koleksi artefak sejarah, foto, dan peta yang menggambarkan transformasi Jakarta dari masa ke masa.

  1. Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia, yang terletak di Jakarta Pusat, menawarkan wawasan tentang sejarah perbankan di Indonesia. Museum ini terletak di gedung yang dulunya merupakan De Javasche Bank, bank sentral Hindia Belanda.

Pengunjung dapat melihat koleksi uang kuno, peralatan perbankan, dan informasi mengenai sejarah perbankan Indonesia. Museum ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang peran dan perkembangan sistem perbankan di negara ini.

  1. Museum MACAN

Museum MACAN atau Modern and Contemporary Art in Nusantara adalah museum yang terdiri dari beragam jenis koleksi kesenian modern dan kontemporer yang berasal dari Indonesia maupun negara lain.

Dengan luas 7.100 meter persegi museum ini dilengkapi dengan fasilitas program pameran serta ruang kreasi bagi anak-anak. Selain ini ada banyak spot menarik yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk berfoto. Untuk biaya masuknya sendiri berkisar Rp80.000 – Rp100.000.

  1. Museum Kota Tua Magic Art 3D

Museum di Jabodetabek unik yang bisa Anda coba adalah museum Kota Tua Magic Art yang ada di daerah Jakarta Barat. Museum ini mengangkat tema 3 dimensi yang terdiri dari 17 zona. Mulai dari zona satwa, lukisan, hingga horor yang dapat memicu adrenalin pengunjung. Selain zona, ada banyak spot foto menarik yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung.

Labirin kaca dan ruang miring yang merupakan ruang ilusi tersedia untuk menambah keseruan. Museum ini buka di hari Selasa hingga Kamis pada pukul 10.00 – 18.00. Sementara untuk weekend buka mulai jam 10.00 – 19.00. Adapun tiket masuknya berkisar Rp60.000 – Rp80.000.

Demikian informasi seputar museum di Jabodetabek yang bisa dikunjungi untuk menambah pengalaman Anda bersama teman dan keluarga. Selain terjangkau, berlibur ke museum dapat meningkatkan wawasan mengenai beberapa hal sesuai dengan tema dari museum itu sendiri.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments