Thursday, July 18, 2024
HomeResep MasakanAneka Minuman Segar Dengan Buah-Buahan

Aneka Minuman Segar Dengan Buah-Buahan

minuman-segar
sumber: google.co.id

Meneguk segelas minuman segar yang terbuat dari buah-buah tentu akan sangat menyegarkan apalagi jika diminum saat rasa haus menyerang serasa oase yang menyelamatkan dahaga. Begitu pula ketika berbuka puasa di bulan ramadhan dengan minuman yang nikmat dan menyegarkan. Tanpa terasa lelah seharian setelah berusaha sekuat tenaga melawan hawa nafsu menjadi terbayarkan. Ada banyak jenis-jenis resep minuman yang bisa Anda hidangkan saat tiba waktu berbuka. Pernahkah Anda membuat es kopyor yang dingin nan menyegarkan? Nah, sesungguhnya membuat minuman yang seperti sangatlah mudah. Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti dengan sangat mudah.

Bahan-bahan yang perlu digunakan:

  • buah kelapa kopyor
  • santan kental sebanyak kira-kira 4 gelas
  • agar-agar 1 bungkus
  • gula pasir atau gula jawa sesuai selera
  • garam secukupnya
  • daun pandan
  • vanili ½ sendok makan teh
  • sirup rasa frambos atau pandan
  • es batu

Cara Membuat Minuman Segar

  1. Nah, selanjutnya adalah bagaimana cara membuat minuman lezat ini dengan mudah dan tanpa perlu ribet? Pertama, siapkan semua bahan hingga lengkap.
  2. Lalu buatlah agar-agar dengan cara menuangkan air terlebih dahulu ke dalam panci yang tengah dipanaskan dengan api kecil.
  3. Selanjutnya setelah dirasa air mulai mendidih, mulai masukkan bubuk agar-agar ke dalam panci tersebut dan aduk secara perlahan-lahan hingga semua bubuk larut secara sempurna.
  4. Anda harus terus mengaduknya tanpa berhenti karena jika berhenti maka akan membuat adonan agar-agar yang sedang dipanaskan menjadi menggumpal.
  5. Setelah itu tiriskan dan tunggu hingga mendingin. Ketika agar-agar telah dingin, Anda dapat memotongnya sesuai dengan selera.
  6. Selanjutnya adalah membuat kuah es kopyor dengan cara merebus santan yang dilarutkan bersamaan dengan gula pasir, masukkan pula sedikit daun pandan agar aroma kuah menjadi lebih sedap.
  7. Masukkan vanili dan sedikit garam agar tercipta rasa gurih yang renyah. Setelah itu angkat dan tiriskan.
  8. Lalu langkah terakhir membuat minuman segar dari kopyor ini adalah dengan memasukkan bahan utama yang berupa kelapa kopyor ke dalam mangkuk beserta potongan agar – agar. Sebagai penutup hidangan yang sempurna adalah dengan menuangkan kuah santan manis ke dalam mangkuk dan sajian siap untuk dinikmati.

Inilah langkah-langkah mudah yang dapat Anda ikuti ketika Anda berminat untuk membuat es campur yang terbuat dari kelapa kopyor yang dicampur dengan agar-agar dengan kuah santan. Anda dapat menambahkan bahan-bahan lainnya untuk mendapatkan rasa yang lebih bervariasi seperti buah-buahan. Buah-buahan yang digunakan juga dapat berasal dari macam jenis buah seperti pisang, melon, dan lain-lain. Minuman segar adalah jenis hidangan yang paling tepat untuk menyambut bulan puasa apalagi bila disajikan ketika tiba berbuka. Selamat mencoba!

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments