Saturday, June 15, 2024
HomeDestinasi WisataDaya Tarik dari Danau Kawah Kelimutu Yang Menakjubkan

Daya Tarik dari Danau Kawah Kelimutu Yang Menakjubkan

Danau Kawah Kelimutu telah menjadi tempat wisata alam terbaik di Nusa Tenggara Timur. Danau indah ini dibagi menjadi tiga bagian berdasarkan warnanya. Pengalaman seru dan menyenangkan di Danau Kelimutu ini menambah daya tarik wisata alam dari wilayah NTT.

Jika berkunjung ke Flores, cobalah menikmati keindahan Danau Kelimutu. Apa saja daya tarik yang dimiliki oleh Danau Kelimutu? Berikut penjelasan lengkapnya.

Daya Tarik dari Danau Kawah Kelimutu Yang Menakjubkan

  1. Keindahan Danau Tiwu Nuwa Muri Koo Fai dan Tiwu Ata Polo

Anda akan menaiki anak tangga yang berjumlah 15, untuk menemukan danau yang indah di kawasan tersebut. Dua danau ternama di Danau Kelimutu bernama Tiwu Nuwa Muri Koo Fai serta Danau Tiwu Ata Polo. Lokasi Tiwu Ata Polo berada di sebelah kanan dan langsung menghadap ke arah danau.

Warna Danau Kawah kelimutu yang indah membuat banyak orang ingin menikmati sejumlah keindahan di sana. Warna danau tersebut hitam pekat. Sedangkan warna Tiwu Nuwa Muri Koo Fai adalah hijau toska.

  1. Tugu Pelepas Lelah

Perjalanan panjang yang melelahkan untuk menuju ke danau. Akan terbayar jika Anda bersantai di Tugu Puncak Kelimutu. Tugu tersebut dikelilingi oleh beberapa anak tangga. Dan banyak spot menarik untuk berfoto di sana. Sambil menikmati segelas kopi hangat dan pemandangan alam.

  1. Festival Memberi Makan Leluhur Pati Ka

Setiap tanggal 14 Agustus diselenggarakan acara festival unik di sana. Agenda utamanya adalah Pati Ka atau memberi makan pada ikan-ikan. Tujuannya adalah untuk memberi makan pada leluhur. Dengan sesaji yang berupa daging babi atau Wawi dan minuman beralkohol khas NTT yang dinamakan Moke.

  1. Tebing Curam dan Monyet

Danau Kawah Kelimutu berada di wilayah Flores NTT dan di sana Anda bisa melihat segerombolan monyet dengan bulunya yang berwarna coklat. Mereka menjadi penunggu tebing yang berada di bibir tebing dan di sepanjang ranting pohon. Ada juga tebing curam tapi indah di kawasan danau tersebut.

  1. Meleburnya Budaya Ketimuran di Danau

Keunikan lainnya di danau ini adalah percampuran dua budaya, yaitu budaya Indonesia dan mancanegara. Terdapat acara lesehan yang menjadi budaya Indonesia yang dipadukan dengan budaya berdansa khas Mancanegara. Banyak wisatawan asing yang memakai atasan Lawu Lambo khas Kelimutu.

Fasilitas, Harga Tiket, dan Jam Buka Danau Kelimutu

Fasilitas yang ada di Danau Kelimutu meliputi:

  • Tempat parkir
  • Toilet
  • Warung makan/minum
  • Gazebo atau tempat istirahat
  • Spot foto menarik

Jam buka Danau Kelimutu mulai dari pukul 08.00 hingga pukul 17.00. Harga tiket masuknya pun murah meriah yaitu hanya Rp.5000,- saja per orang. Untuk para wisatawan domestik. Sedangkan wisatawan mancanegara Rp.15.000,-. Bagi Anda yang penasaran dengan Danau Kawah Kelimutu, bisa mencoba berpetualang dan menikmati keindahan alamnya di sana.

Oleh: hariliburnasional.com

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments