Thursday, June 13, 2024
HomeResep MasakanHidangan Mewah Dengan Es Campur Alpukat

Hidangan Mewah Dengan Es Campur Alpukat

es-campur
sumber: google.co.id

Menyambut bulan ramadhan yang sebentar lagi akan datang, para bunda pasti sudah menyiapkan segudang menu masakan yang lezat-lezat yang akan disajikan saat waktu buka di bulan ramadhan nanti. Tidak ketinggalan menu pembuka wajib yang disajikan dengan makanan dan minuman manis selalu hadir. Salah satu menu pembuka yang dapat menginspirasi Anda adalah Es campur. Minuman ini adalah minuman khas yang memiliki rasa manis karena sirup merahnya yang disajikan dengan berbagai jenis potongan buah. Membuat es yang biasa untuk bulan ramadhan tentunya kurang afdol. Untuk itu, berikut adalah cara membuat minuman yang istimewa dengan buah alpukat.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Buah nangka beberapa buah yang di potong kecil-kecil. Sebaiknya dibersihkan dagingnya terlebih dahulu agar tidak lengket.
  • Buah alpukat. Anda dapat menyajikan dengan satu biji daging buah atau lebih sesuai dengan selera.
  • Buah kelapa sesuai dengan selera. Ambil hanya bagian dagingnya saja, sisa airnya disisihkan terlebih dahulu.
  • Kolang kaling matang yang dibelah menjadi dua biji.
  • Bubur mutiara secukupnya.
  • Buah pisang, buah melon, buah pepaya, buah anggur, buah naga, dan buah semangka.
  • Anda dapat menambahkan potongan agar-agar atau puding bila perlu.
  • ΒΌ kg gula pasir
  • Daun pandan secukupnya. Ikat daun pandan tersebut agar mudah dimasukkan ke dalam panci.
  • Sirup merah rasa frambros.
  • 1 kaleng susu vanila
  • Es batu serut secukupnya
  • 150 ml air

Cara membuat es campur alpukat

  1. Pertama-tama hal yang perlu dilakukan saat membuat es campur adalah dengan mengumpulkan segala bahan yang dibutuhkan diikuti dengan memotong semua buah-buah dengan bentuk dadu dan bulat dengan menggunakan pisau dan alat pencetak bulatan buah.
  2. Setelah itu, Anda siapkan mangkuk serta gelas jika Anda ingin menyajikannya secara langsung kedalam wadah kecil. Namun apabila Anda ingin membuat dalam porsi besar, maka siapklan panci atau wadah besar.
  3. Lalu masukkan semua buah-buah yang telah dipotong kedalam wadah besar tersebut. lalu Anda tinggal memasukkan kolang-kaling serta bubuk mutiara di bagian atas buah.
  4. Selanjutnya adalah dengan membuat saus atau kuah es. Caranya adalah dengan melarutkan susu vanilla dan sirup merah kedalam air yang telah diberi daun pandan agar memiliki aroma yang lezat.
  5. Setelah itu, didihkan dengan api kecil.
  6. Siapkan es batu yang telah diserut halus lalu taburkan ke dalam wadah tersebut. Ingat pula untuk menuangkan saus susu vanilla dengan sirup yang lezat ke atas es yang Anda buat.
  7. Dan es pun siap disajikan. Berilah sedikit hiasan agar bentuknya terlihat lebih sedap.

Menyiapkan sebuah hidangan es campur ramadhan terlihat sangat mudah, bukan? Anda dapat mencoba membuat minuman ini dengan menggunakan berbagai jenis buah kombinasi menurut selera Anda. apabila Anda menyukai rasa yang sedikit asam anda dapat memasukkan buah nanas, strawberry atau leci ke dalam hidangan Anda. bila Anda ingin memiliki hidangan minuman dengan rasa yang lebih kaya maka Anda dapat menambahkan potongan puding coklat serta agar-agar. Inilah hidangan es campur yang lezat, siap disajikan untuk menyambut manisnya bulan Ramadhan.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments