Saturday, June 15, 2024
HomeResep MasakanResep Kolak Pisang Yang Mudah Dan Lezat

Resep Kolak Pisang Yang Mudah Dan Lezat

resep-kolak
sumber: google.co.id

Resep kolak adalah salah satu resep wajib saat ramadhan. Menu minuman ini biasa disajikan sebagai menu menu pembuka di waktu magrib atau lebih sering dikenal sebagai menu takjil. Siapa yang tidak kenal dengan minuman manis yang disajikan dengan potongan manis buah pisang dan ubi jalar yang nikmat dan lezat apalagi bila dituangkan dengan menggunakan kuah gula jawa. Tentu rasanya sungguh tidak ada duanya. Seringkali orang malas membuat minuman ini dan lebih cenderung membeli minuman yang langsung jadi padahal bila Anda mau membuat sendiri, dijamin rasanya akan lebih mantap. Tak perlu khawatir dengan langkah-langkah pembuatan yang rumit karena sesungguhnya sajian ini sangat gampang dibuat.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Buah pisang raja atau pisang kepok kurang lebih 10 buah (dikupas dan dipotong serong agar bentuknya terlihat lebih menarik
  • Buah nangka 2 buah
  • 350 gram ubi kuning atau ungu
  • 150 ml santan kelapa segar
  • 1 lt air putih
  • 6 sdm gula pasir
  • 6 sdm gula merah atau gula jawa
  • 2 lembar daun pandan segar
  • 1/4 sdt vanili
  • Garam secukupnya
  • Tambahan lain adalah santan siap saji

Cara Membuat Kolak Pisang Manis

Cara membuat kolak pisang sangatlah muda. Anda hanya perlu mengumpulkan seluruh bahan yang dibutuhkan dan sajian siap dibuat. Ikutilah petunjuk serta langkah-langkah berikut.

  1. Langkah pertama yang Anda lakukan adalah dengan merebus air di sebuah panci berukuran sedang. Lalu masukkan ubi ke dalam rebusan air tersebut. Gunanya adalah melunakkan ubi yang sebelumnya bertekstur keras. Rebuslah ubi kuning atau ungu hingga melunak lalu tiriskan.
  2. Selanjutnya masukkan santan, gula pasir, gula jawa atau gula merah yang sudah digerus agar lebih mudah larut ketika direbus ke dalam panci. Tidak lupa untuk memasukkan garam, vanilli, dan daun pandan agar kolak Anda menebarkan aroma wangi yang menggugah selera.
  3. Saat merebus bahan-bahan tersebut, gunakanlah api berukuran kecil agar air tidak cepat mendidih sehingga semua bahan dapat larut dengan sempurna.
  4. Setelah itu, saatnya memasukkan potongan pisang ke dalam panci dengan kuah gula jawa yang manis. Tunggulah hingga beberapa menit hingga buah pisang juga masak dengan sempurna.
  5. Selanjutnya Anda hanya perlu mengangkat panci dan memindahkan sajian ke dalam mangkuk dan menghiasnya. Sajian ramadhan dengan resep kolak rasa manis pun siap disajikan.

Seperti inilah bagaimana cara membuat hidangan pembuka ramadhan dengan kolak manis. Tentunya akan dapat dengan mudah mengikuti tanpa kesulitan karena langkah-langkah yang diperlukan sangatlah mudah dan tidak rumit. Anda dapat menyajikan hidangan nikmat ini sebagai hidangan lezat nan arum untuk bulan ramadhan Anda. Mari menyongsong bulan ramadhan yang indah dengan resep kolak yang nikmat dan lezat.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments