Wednesday, June 19, 2024
HomeResep MasakanKetahuilah Manfaat Dan Bahaya Es Teh Untuk Berbuka Puasa

Ketahuilah Manfaat Dan Bahaya Es Teh Untuk Berbuka Puasa

es-teh
es-teh

Es teh sebagai minuman menyegarkan dengan aroma daun tehnya dapat mengembalikan energi anda setelah beraktifitas. Es teh begitu banyak memiliki manfaat, diantara manfaat yang anda dapatkan dengan mengkonsumsi es teh yaitu dengan kandungan mineral dan vitaminnya yang ada pada daun teh akan menstabilkan jumlah asupan kalori di dalam tubuh, Meminum teh juga bermanfaat melindungi gigi anda dari gigi berlubang. Akan tetapi untuk tidak menghilangkan manfaat dari meminum teh, maka sebaiknya hindari menggunakan banyak gula. Sehingga meminum es teh tawar atau manis dengan gula sedikit lebih baik untuk mengawali buka puasa. Namun anda juga jangan terlalu sering menjadikannya sebagai menu minuman berbuka disebabkan kurang baik untuk kesehatan.

Teh tidak hanya bermanfaat, namun memiliki bahaya manakala minuman teh bercampur dengan banyak gula atau pemanis buatan dapat menyebabkan obesitas. Jika terlalu banyak tercampur dengan es batu maka kandungan nutrisi yang ada didalam teh tidak dapat terserap. Selain itu, terlalu suka minum es teh yang manis dapat menyebabkan penyakit diabetes dan masih banyak lainnya.

Nah,bagaimana cara pembuatan dan bahan perlengkapan yang diperlukan untuk membuat minuman es teh yang sehat? Simak cara berikut:

Bahan-bahan

  1. Wadah berupa ceret / teko, gelas dan sendok
  2. Penyaring Teh jika teh berbentuk bubuk seperti teh merek pocci, tidak seperti teh sariwangi, celup dan kawan-kawannya.
  3. Gula pasir
  4. Air
  5. Es batu

Cara pembuatan:

  1. Didihkan air sesuai yang dibutuhkan menggunakan ceret atau teko
  2. Taruhkan gula sedikit di dalam gelas
  3. Taruhkan teh bubuk didalam penyaring teh
  4. Jika airnya sudah matang, maka seduhlah teh tersebut
  5. Aduk sampai gulanya larut dalam air dan tunggu sampai dingin
  6. Es teh yang sudah didinginkan itu dapat dimasukkan es batu ke dalamnya
  7. Es teh Siap disajikan

Itulah proses membuat es teh segar dan sehat yang harus anda coba buat untuk membunuh rasa haus. Meminum es teh boleh saja asalkan jangan terlalu keseringan dan hindari gula yang berlebih dan es terlalu banyak, yang lebih baik itu adalah meminum teh hangat. Es teh memang paling seru diminum saat cuaca panas. Es teh paling baik dikonsumsi dibandingkan dengan minuman-minuman bersoda. Akan tetapi es teh masih kalah jauh khasiatnya dengan air putih. Sehingga sebelum anda membuka puasa dengan Es teh sebaiknya minumlah air putih untuk menjauhi sakit perut.

Dengan mengetahui manfaat dan bahaya es teh untuk berbuka puasa, sebagai insan yang pintar maka anda pasti tahu langkah apa yang harus diambil. Sebenarnya mengkonsumsi Es teh langsung tanpa diawali oleh air putih tidak terlalu baik bagi kesehatan anda. Biasanya perut anda akan berbunyi pada saat sedang melaksanakan shalat tarawih jika terlalu banyak minum es teh pada waktu berbuka.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments