Tuesday, June 25, 2024
HomeResep MasakanMembuat Ayam Kecap Spesial, Masakan Nusantara Sederhana Yang Lezat

Membuat Ayam Kecap Spesial, Masakan Nusantara Sederhana Yang Lezat

Anda ingin membuat masakan nusantara sederhana dengan menggunakan bahan utama daging ayam? Ayam kecap spesial bisa menjadi alernatifnya. Pada dasarnya, menu makanan berbahan dasar daging ayam memang menjadi favorit banyak orang sehingga tak heran jika tingkat konsumsi daging ayam selalu tinggi. Daging ayam sendiri bisa diolah menjadi berbagai macam masakan yang enak dan lezat, baik masakan yang cukup rumit ataupun masakan sederhana seperti ayam kecap ini.

Nah bagi anda yang memang ingin membuat ayam kecap spesial namun belum mengetahui benar resepnya, tak perlu khawatir karena disini kami akan berikan resep yang mendetail untuk anda. Langsung saja, berikut resep masakan nusantara sederhana ayam kecap spesial.

Bahan

Bahan dan Bumbu :

     1 ekor ayam segar berukuran sedang

     12 butir bawang merah, iris tipis-tipis

     5 siung bawang putih, iris tipis

     Cabe rawit sesuai selera, iris kecil

     10 sendok makan Kecap manis

     1 sendok makan kecap inggris

     5 cm jahe, cincang kecil-kecil

     1 sendok makan saus sambal pedas

     2 sendok makan saus tomat

     Lada bubuk secukupnya

     Garam secukupnya

     Air perasan 1 buah jeruk nipis besar

     Air secukupnya

     Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Ayam Kecap

1.    Untuk membuat masakan nusantara sederhana ini, pertama cuci ayam dengan air bersih lalu potong-potong sesuai selera. Setelah itu lumuri semua potongan ayam dengan air perasan jeruk nipis dan aduk-aduk sampai semua potongan terlumuri. Tambahkan garam sekitar 1 sendok makan lalu aduk-aduk lagi menggunakan tangan sampai rata. Diamkan selama sekitar 15 menit.

2.    Kemudian siapkan panci dan masukkan air bersih secukupnya. Rebus di atas api sedang hingga mendidih. Potongan ayam tadi kemudian dimasukkan ke dalam air rebusan, aduk-aduk lalu biarkan hingga daging ayam menjadi setengah matang. Angkat dan tiriskan.

3.    Panaskan minyak secukupnya di atas api sedang lalu tumis irisan bawang merah dan putih sampai harum. Masukkan jahe yang sebelumnya sudah dicincang dan aduk-aduk. Kemudian masukkan juga cabe rawit yang sudah diiris-iris dengan jumlah sesuai selera. Aduk-aduk lagi

4.    Selanjutnya masukkan kecap inggris dan kecap manis, aduk-aduk lagi lalu tambahkan saus sambal saus tomat. Aduk-aduk sampai tercampur rata.

5.    Masukkan air sekitar 300 ml dan aduk agar tercampur dengan bumbunya. Tunggu beberapa menit lalu masukkan potongan daging ayam ke dalamnya. Aduk-aduk terus. Terakhir masukkan lada bubuk, garam dan gula secukupnya. Aduk sampai semua bahan tercampur dan bumbu meresap ke dalam daging ayam. Biarkan hingga airnya mengental dan menyusut.

6.    Masakan nusantara sederhana ayam kecap special siap disajikan

Nah itulah resep masakan nusantara sederhana ayam kecap spesial yang bisa anda praktekkan di rumah untuk sajian menu spesial di meja makan. Sekian dan selamat mencoba

Oleh: hariliburnasional.com

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments