Wednesday, June 19, 2024
HomeResep MasakanCara Mudah Membuat Opor Ayam Yang Lezat

Cara Mudah Membuat Opor Ayam Yang Lezat

resep-opor-ayam
sumber: google.co.id

Makanan wajib dan khas yang harus ada saat lebaran tiba salah satunya adalah opor ayam. Seperti yang kita ketahui, opor ayam merupakan makanan yang dibuat dengan santan yang akan menggoyah iman semua orang untuk menikmatinya. Rasanya yang gurih dan lezat membuat semua orang ingin menikmati makanan yang satu ini. Untuk anda yang ingin membuat masakan yang satu ini namun tidak tahu bumbu apa saja yang harus dimasukkan, berikut kami bagikan resep opor ayam untuk anda. Bahan yang dibutuhkan sangat mudah didapat. Tak hanya bahannya saja, bumbu dan cara pembuatan juga sangat mudah. Anda hanya perlu waktu kira-kira 45 menit untuk dapat menikmati sajian kuliner opor ayam ini.

Bahan yang harus dipersiapkan untuk membuat opor ayam :

     1 ekor ayam kampung berumur sedang. Potong-potong ukuran kecil.

     1 liter santan kental dan cair.

     3 cm lengkuas.

     2 batang serai.

     Gula dan garam ssecukupnya.

     3 lembar daun salam

     Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang harus dihaluskan :

     7 butir bawang merah

     5 siung bawang putih

     5 butir kemiri

     3 cm kunyit

     1 sendok teh merica butiran/merica bubuk

     ¼ pala

     ¼ jintan

     1 sendok teh ketumbar

Cara membuat opor ayam yang enak :

     Agar masakan menjadi enak, ikutilah resep opor ayam berikut. Cuci bersih ayam yang sudah dipotong menjadi bagian-bagian kecil.

     Haluskan bumbu yang harus dihaluskan. Siapkan wajan bersih dan beri minyak sedikit. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan. Tumis hingga harum.

     Tambahkan jahe, salam, lengkuas dan serai aduk hingga harum dan matang.

     Jika sudah matang, masukkan daging dan aduk hingga merata. Tutupi dna biarkan selama beberapa menit.

     Jika dirasa sudah agak berubah warna. Tuangkan santan dan tambahkan gula dan garam secukupnya. Cicipi hingga rasa pas. Jika sudah biarkan matang.

     Sesudah matang, angkat dan sajikan pada wadah yang cantik. Opor ayam siap dinikmati.

Agar lebih nikmat, anda dapat menikmati opor ayam anda dengan nasi putih yang hangat ditambah dengan kerupuk udang. Dijamin anda akan menikmati makanan anda tersebut. resep opor ayam tersebut sangat mudah untuk diikuti dna dipraktekkan sehingga untuk anda yang tidak pernah memasak pun dapat mencoba membuat masakan ini. Satu tips lagi, jika anda menginginkan masakan anda menjadi semakin lezat, anda dapat menambahkan taburan bawang merah sebagai taburan diatas masakan anda saat masakan anda sudah siap untuk disajikan. Opor ayam tersebut sangat cocok dinikmati bersama dengan keluarga anda dirumah, terlebih saat lebaran saat seluruh keluarga berkumpul. Selamat mencoba dan selamat menikmati opor ayam bersama keluarga anda.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments