Wednesday, June 19, 2024
HomeResep MasakanResep Masakan Nusantara Praktis Tumis Kangkung

Resep Masakan Nusantara Praktis Tumis Kangkung

Resep masakan nusantara praktis ada banyak sekali yang bisa dicoba. Semuanya cukup mudah cara mengolahnya dan tentunya bahan untuk memasaknya mudah didapat. Salah satu masakan nusantara yang banyak digemari masyarakat luas adalah tumis kangkung. Tidak hanya sebagai masakan rumahan saja, bahkan banyak restoran yang sudah menyediakan tumis kangkung sebagai salah satu menu dan tentunya banyak penggemarnya. Namun memasak tumis kangkung akan terasa istimewa apabila tahu bagaimana memasaknya dengan baik. Berikut ini adalah resep tumis kangkung yang wajib dicoba.

Bahan untuk membuat tumis kangkung:

     Kangkung 2 ikat

     Cabe merah besar 2

     Cabe rawit sesuai selera (apabila suka pedas dapat dikira-kira)

     Bawang merah 10 siung

     Bawang putih 4 siung

     Saus tiram 6 sendok makan

     Lengkuas 1 ruas jari

     Gula pasir secukupnya (dapat diganti dengan gula aren)

     Terasi secukupnya

     Tomat

     Mentega secukupnya (dapat diganti minyak)

Bahan-bahan untuk membuat tumis kangkung telah disediakan, sekarang saatnya mengikuti langkah memasak tumis kangkung yang merupakan resep masakan nusantara praktis.

Langkah memasak resep tumis kangkung:

     bersihkan kangkung yang telah dipotong dan dipetik daunnya.

     Siapkan bawang merah, bawang putih, tomat, dan cabai kemudian iris-iris.

     Siapkan wajan penggorengan dan panaskan mentega atau minyak kemudian tumis bawang merah dan bawang putih yang telah diiris sampai tercium bau harum.

     Setelah itu masukkan cabai, terasi, dan lengkuas kedalam wajan penggorengan. Kemudian tuangkan saus tiram kedalam wajan namun dengan cara melingkarkannya.

     Setelah bumbu dirasa sudah matang dan berbau harum, masukkan kangkung yang telah dicuci bersih kedalam wajan penggorengan dan aduk-aduk atau oseng-oseng agar bumbu tercampur dengan merata.

     Setelah hampir matang, masukkan garam dan gula secukupnya.

     Terakhir, masukkan tomat yang telah diiris-iris, tumis kangkung siap dihidangkan.

Cara membuat atau memasak tumis kangkung memanglah amat praktis dan mudah. untuk mendapatkan masakan nusantara yang enak dan lezat dapat dilakukan dengan cara yang praktis dan bahan yang sederhana. untuk mendapatkan masakan yang pas rasanya, ada beberapa tips yang yang perlu diperhatikan sebelum memasak tumis kangkung, yaitu:

     Saat menumis bumbu, pastikan bumbu benar-benar matang dan berbau harum, selain itu bumbu yang digunakan usahakan sesuai dengan resep agar rasanya tidak berkurang.

     Tumis kangkung lebih terasa lezat disantap saat sedang hangat, jadi lebih baik memasaknya saat menjelang waktu makan.

     Setelah matang sebaiknya menghindari memanaskan kangkung bahkan hingga beberapa kali.

Demikianlah beberapa tips dalam resep masakan nusantara praktis tumis kangkung agar lebih nikmat saat menyantapnya. Selamat mencoba dirumah.

Oleh: hariliburnasional.com

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments