Monday, June 24, 2024
HomeResep MasakanResep Masakan Sederhana, Seblak Basah Khas Bandung

Resep Masakan Sederhana, Seblak Basah Khas Bandung

Kamu tahu seblak? Pasti tahu dong karena seblak memang sangat populer akhir-akhir ini. Ingin mencoba membuatnya sendiri? Yuk simak resep masakan sederhana berupa seblak ini. Seblak merupakan salah satu masakan nusantara khas Bandung yang sangat populer karena disukai banyak orang, terutama pecinta kuliner tentu saja. Masakan yang satu ini memang merupakan masakan yang sederhana dan unik karena menggunakan bahan utama kerupuk mentah. Uniknya kerupuk yang biasanya digoreng, justru direbus untuk kemudian ditumis bersama beberapa bahan lainnya seperti telur, seafood, sayuran dan lain sebagainya. Hal ini tentu sangat menarik karena seblak juga dimasak dengan beberapa rempah khas Indonesia sehingga menghasilkan rasa yang sangat menggoda lidah.

Untuk menikmati seblak khas Bandung ini, tentu tak perlu ke Bandung karena saat ini seblak sudah banyak dijual di berbagai daerah di Indonesia. Namun jika kamu suka mencoba banyak resep baru, resep masakan sederhana khas Bandung ini tentu bisa kamu coba sehingga kamu juga bisa menikmatinya bersama keluarga yang lain. Tenang saja, cara membuat seblak khas Bandung ini cukup mudah dan bahan-bahan yang dibutuhkanpun cukup terjangkau. Untuk itu, langsung saja berikut resep dan cara membuat seblak khas Bandung yang enak dan lezat.

Bahan

Bahan utama :

     Kerupuk aci kuning yang masih mentah 200 gram

     Telur ayam 3 butir

     Bakso sapi 5 butir, iris tipis

     Sosis sapi 2 batang, iris tipis

     Daun bawang 1 batang, iris halus

     Garam secukupnya

     Gula pasir secukupnya

     Air secukupnya

     Minyak goreng secukupnya

Bumbu halus :

     Bawang merah 5 butir

     Bawang putih 2 siung

     Kencur 1 cm

     Cabe rawit merah 15 buah

     Air asam jawa 2 sendok teh

     Tomat merah 1 buah

Cara Membuat Seblak Basah Khas Bandung

1.    Pertama-tama dalam membuat masakan sederhana khas Bandung ini adalah merebus kerupuk aci dalam air mendidih. Rebus sampai kerupuk menjadi lunak. Angkat kemudian rendam dalam air dingin beberapa menit. Angkat lalu tiriskan.

2.    Panaskan minyak secukupnya lalu tumis semua bumbu halus sampai harum. Masukkan air sekitar setengah gelas lalu masukkan juga kerupuk yang sudah lunak tadi. Aduk-aduk sampai rata. Biarkan beberapa saat sampai kuah sedikit menyusut.

3.    Kemudian kocok semua telur dan masukkan bersama irisan sosis, bakso dan juga irisan daun bawang. Tambahkan garam, penyedap rasa, dan gula secukupnya. Aduk-aduk sampai semua bahan tercampur rata.

4.    Seblak khas Bandung siap untuk disantap.

Jadi, itulah resep masakan sederhana dan cara membuat seblak khas Bandung yang enak dan lezat. Tidak rumit bukan? Selain dimakan langsung, makanan yang satu ini juga sangat cocok untuk mendampingi nasi hangat. Dan jika kamu ingin membuat porsi yang banyak, kamu tinggal menambah saja bahan-bahannya. Sekian dan selamat mencoba

Oleh: hariliburnasional.com

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments