Saturday, June 15, 2024
HomeResep MasakanResep Semur Daging Sapi Dan Kentang

Resep Semur Daging Sapi Dan Kentang

resep semur daging sapi
sumber: google.co.id

Daging sapi sebenarnya bisa dibuat bermacam-macam olahan. Ada yang dibuat steak, ada juga yang disemur. Olahan dari daging sapi ini sudah ada sejak dulu khususnya resep semur daging sapi. Semur daging memiliki berbagai macam resep di seluruh penjuru nusantara. Bumbu yang digunakannya pun berbeda-beda. Yang pasti adalah khas dari indonesia adalah bumbu rempah yang digunakan untuk memasak makanan agar terasa lebih nikmat bila disajikan kepada keluarga kita. selain itu aneka olahan daging sapi juga memiliki cita rasa yang berbeda sesuai dari kota asalnya. Missal saja dari padang, daging sapi biasanya dimasak rendang yang mana aroma dan juga bahan rempah yang digunakan sangat terasa cirri khas dari kota padang ini. kemudian untuk semur daging sapi juga masih menggunakan bahan-bahan rempah yang bisa menambah cita rasa dari semur itu sendiri.

Resep membuat semur daging tidak lah sulit. Banyak sekali resep yang bisa dicoba untuk aneka semur khususnya daging sapi. Semur daging sapi ini cukup dikenal oleh semua kalangan dan menjadi olahan yang special untuk disajikan pada hari-hari tertentu. olahan daging sapi yang satu ini juga memiliki penikmatnya sendiri. bahkan seluruh orang menikmati hidangan semur daging sapi ini untuk dijadikan menu utama pada setiap kudapan. Cara untuk membuat semur daging sapi ini bisa dicoba dirumah anda. Berikut resepnya.

Bahan utama resep semur daging sapi :

     1 kg daging sapi. Daging sapi ini bisa dipotong dadu atau sesuai dengan selera anda

     4 buah kentang dipotong dadu atau sesuai selera anda

     1 lt air mineral

     3 sdm minyak goreng untuk menumis

     1 ½ sdt ketumbar sangrai

     7 butir kemiri sangrai

     5 siung bawang putih

     2 ruas jari jahe

Bumbu semur daging :

     10 siung bawang merah dan dicincang

     5 sdm kecap manis

     1 buah biji pala dimemarkan

     2 ruas kayu manis

     2 lembar daun salam

     Garam secukupnya

Cara membuat resep daging semur sapi :

  1. Langkah yang pertama adalah dengan menghaluskan ketumbar sangrai, kemiri sangrai, bawang putih dan juga jahe. Haluskan terlebih dahulu bahan-bahan tersebut sampai benar-benar halus.
  2. Lalu, panaskan minyak goreng dan tumis tumis bawang merah dan garam.
  3. Langkah berikutnya yaitu memasukkan bumbu halus yang sudah disiapkan tadi kedalam tumisan pada point ke 2. Tambahkan pula daun salam, biji pala, dan kayu manis. Tumis hingga harus.
  4. Kemudian, masukkan daging pada tumisan dan bolak balik sampai bumbu tersebut merasuk kedalam daging sapi.
  5. Langkah selanjutnya yaitu menambahkan kecap untuk pemanis dan bolak balik lagi sampai kecap tercampur merata.
  6. Masukkan air dan kentang kedalam tumisan.
  7. Tunggu daging sapi tersebut menjadi empuk dan matang. Apabila air tersebut sudah surut sebelum dagingnya empuk, anda bisa menambahkan ulang air tersebut sampai daging tersebut menjadi empuk.
  8. Setelah matang, anda bisa menambahkan bawang goreng untuk menambah cita rasa dari resep semur daging sapi
  9. Sajian daging semur sapi siap disajikan untuk keluarga anda. Untuk penghiasnya, anda bisa menambahkan daun seledri dan juga irisan tomat agar masakan jauh teras lebih enak dibanding yang lainnya. Selamat mencoba dirumah anda.

oleh: hariliburnasional.com

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments